Kompas.com - 15/03/2016, 10:02 WIB
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Duet Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge baru saja diluncurkan pada pertengahan Februari 2016. Kini, sudah ada varian berbalut emas 24 karat dari flagship anyar tersebut.

Duo Galaxy S7 versi "mewah" tersebut bukan bikinan Samsung, melainkan Goldgenie, perusahaan spesialis penghias produk-produk gadget dengan logam berharga.

Dilansir KompasTekno, Senin (14/3/2016) dari DigitalTrends, cakupan lapisan emas pada kedua flagship meliputi kerangka ponsel bagian depan dan belakang, tombol, dan modul kamera.

Harganya pun tak tanggung-tanggung. Untuk Galaxy S7 berbalut emas 24 karat, banderolnya dipatok 3.000 dollar AS atau setara Rp 38,9 jutaan. Sementara varian Edge dihargai 3.250 dollar AS atau sekitar Rp 42,2 jutaan.

Angka di atas berkali-kali lipat dari harga jual Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge di Indonesia yang berada di rentang Rp 8 juta hingga Rp 10 juta.

Ditilik dari segi fitur, tak ada perbedaan sama sekali antara varian emas dengan varian yang sudah diresmikan lebih dulu.

Galaxy S7 dan S7 Edge diketahui mengandalkan kamera utama 12 megapiksel atau menurun dari yang sebelumnya 16 megapiksel. Meski begitu, bukaannya (aperture) diperlebar ke f/1.7 dari f/1.9.

Alhasil, pembidikan gambar dan perekaman video pada kondisi minim cahaya tak lagi jadi masalah. Ada juga teknologi "dual pixel" yang diklaim baru pertama kali dibenamkan pada sebuah smartphone.

Untuk kebutuhan selfie, kedua flagship masih mengandalkan sensor kamera berkualitas 5 megapiksel atau sama dengan pendahulunya.

Baterai Galaxy S7 bersaudara mengalami peningkatan signifikan, yakni 3.000 mAH untuk Galaxy S7 dan 3.600 mAH untuk Galaxy S7 Edge. Fitur pengecasan cepat (fast-charging) dan pengecasan nirkabel (wireless charging) masih tetap dipertahankan dari Galaxy S6.

RAM 4 GB dianggap cukup menjalankan beragam aktivitas yang dipersenjatai prosesor Exynos 8890 buatan Samsung. Untuk sistem operasi, keduanya berjalan pada Android Marshmallow 6.0.1.

Samsung juga menghadirkan sistem pendingin (cooling system) pada Galaxy S7 bersaudara. Tujuannya mencegah sistem cepat panas dalam penjajalan aplikasi, utamanya saat main game. Kedua flagship juga menghadirkan kembali slot microSD hingga 200 GB dan kemampuan anti air dan debu dengan sertifikasi IP68.

Tertarik? Pemesanan Galaxy S7 varian emas 24 karat bisa dilakukan di sini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.