Kompas.com - 15/03/2016, 11:14 WIB
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Duet Samsung Galaxy S7 diperkenalkan dengan harga lebih rendah dari pendahulunya. Rp 9 juta untuk varian layar datar dan Rp 10,5 juta untuk varian layar lengkung (Edge).

Padahal, spesifikasi ponsel ditingkatkan signifikan. Antara lain kemampuan anti air IP68, RAM 4 GB, slot microSD hingga 200 GB, kamera 12 megapiksel dengan bukaan f/1.7, serta baterai 3000 mAH dan 3600 mAH.

Meski lebih murah, modal komponen yang diperlukan untuk produksi Galaxy S7 sejatinya jauh di bawah harga komersilnya.

Dilansir KompasTekno, Selasa (15/3/2016) dari AndroidAuthority, modal Galaxy S7 cuma 255 dollar AS atau setara Rp 3,3 jutaan.

Setidaknya itu yang diungkap tim peneliti IHS, yang mempreteli Galaxy S7 dan menelusuri harga dari tiap-tiap komponennya. Samsung menaikkan harga Rp 5,6 jutaan saat ponsel dijual ke pasar.

Perlu ditambahkan bahwa selisih "harga asli" Galaxy S7 dengan banderol pasarannya diperlukan untuk menutup biaya-biaya lain yang diperlukan, seperti ongkos riset, pemasaran, dan distribusi perangkat, di samping margin profit.

Komponen paling mahal, kata IHS, adalah prosesor Snapdragon 820 dengan harga 62 dollar AS atau setara Rp 805 ribuan. Artinya, 25 persen dari total modal Galaxy S7 digelontorkan untuk jeroan yang satu ini.

Meski begitu, untuk beberapa pasar termasuk Indonesia, chipset Galaxy S7 yang digunakan adalah Exynos 8890. Harga prosesor buatan Samsung tersebut tak diungkap. Namun, kemampuannya kurang lebih sama dengan Snapdragon 820.

Fatimah Kartini Bohang Tampak belakang Samsung galaxy S7 Edge
Komponen terbaik lainnya dari Galaxy S7 adalah kamera dengan teknologi "dual pixel". Samsung mengklaim kamera ponsel anyarnya adalah yang terbaik di industri smartphone saat ini.

IHS mengungkap harga kamera tersebut 13,7 dollar AS atau sekitar Rp 177.000. Tahap finalisasi komponen-komponen hardware pada Galaxy S7 pun hanya memakan biaya 5 dollar AS atau Rp 64.000.

Dari segi desain, IHS mengatakan Galaxy S7 kurang lebih mengusung komponen serupa dengan pendahulunya. Namun, dari segi kemanan penggunaan, Galaxy S7 dikatakan lebih kompetitif.

Baca juga:
Daftar Lengkap Harga Samsung Galaxy S7 di Indonesia
Ini Alasan Samsung Turunkan "Megapiksel" Galaxy S7
Kesan Pertama Menjajal Samsung Galaxy S7
Ini Hasil Jepretan Kamera Galaxy S7 Saat Minim Cahaya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.