Sekencang Apa 4G Smartfren di Jalur Probolinggo - Malang?

Kompas.com - 24/03/2016, 14:33 WIB
Penulis Farid Assifa
|
EditorReska K. Nistanto

MALANG, KOMPAS.com - Uji jaringan 4G Smartfren di sejumlah daerah di Jawa Timur dilanjutkan.

Pada Senin (21/3/2015) lalu tim Smartfren bersama rombongan jurnalis telah menguji layanan data 4G dengan menelusuri Sidoarjo, Surabaya, Pasuruan hingga Probolinggo.

Pengujian berlanjut pada Rabu (23/3/2016) uji serupa dilakukan di rute Probolinggo, Kota Pasuruan hingga ke Kota Malang.

Baca juga: Dari Sidoarjo ke Probolinggo, Bagaimana Sinyal 4G Smartfren?

Sama dengan metode pengujian sebelumnya, alat uji yang dipakai adalah aplikasi nPerf dengan menggunakan ponsel Andromax R2. Bagaimana kinerja jaringan 4G Smartfren di kota-kota tersebut?

Saat masih berada di Kota Probolinggo, tepatnya wilayah Sumber Wetan, hasil uji jaringan menunjukkan nilai performa streaming adalah 0,00 persen. Akibatnya, ketika membuka video YouTube sempat buffering cukup lama, sekitar 15 menit.

Namun untuk nilai performa browsing, hasilnya cukup bagus, yakni sebesar 49,04 persen. Menjelajah internet seperti membuka Google dan beberapa media sosial masih cukup lancar.

Pada titik itu, nilai rata-rata (bitrate) download 2,05 megabit per detik, sedangkan untuk upload 1,15 megabit per detik.

Memasuki Tongas, masih di Kota Probolinggo, nilai performa streaming melesat hingga 80,01 persen dan performa browsing 43,81 persen. Membuka YouTube pun menjadi lancar tanpa buffering.

Namun nilai rata-rata download menurun menjadi 0,88 megabit per detik dan upload 0,21 per detik.

Kemudian, sinyal 4G Smartfren ke rute-rute selanjutnya hingga tiba di Kota Malang relatif lancar dan stabil.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.