Kompas.com - 28/03/2016, 14:32 WIB
Bocoran foto controller Nintendo NX yang beredar di internet The Next WebBocoran foto controller Nintendo NX yang beredar di internet
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno


KOMPAS.com - Minggu lalu, beredar bocoran foto yang disinyalir memperlihatkan unit kontroler dari konsol game Nintendo generasi berikutnya, NX.

Sayang, meski sekilas tampak meyakinkan, perangkat dalam gambar beresolusi tinggi itu ternyata bukan kontroler Nintendo NX yang sebenarnya, alias palsu.

Hal ini diakui sendiri oleh pembuatnya, seseorang bernama Frank Sandqvis dalam sebuah video “pengakuan”, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Euro Gamer, Senin (28/3/2016).

“Saya dan saudara kebetulan punya perusahaan yang memiliki printer 3D. Saya pikir mungkin lucu untuk menunjukkan betapa mudahnya menciptakan ulang perangkat itu,” ujar Sandqvist dalam videonya.

Memang ada dua foto kontroler Nintendo NX yang beredar minggu lalu. Foto pertama dibuat dengan aplikasi Photoshop, sementara foto kedua merupakan kreasi Sanqvist yang dibikin berdasarkan penampakan alat dalam foto pertama.

Akan halnya perangkat foto Sandqvist, dia membuatnya dengan memakai bahan akrilik hitam mengilap yang dipotong berbentuk elips dan ditempel di molding hasil cetak printer 3D.

“Bagian ‘stik analog’ sebenarnya menyatu dengan base yang dicetak printer 3D. Hanya saja dicat dengan warna khusus agar terlihat mirip karet,” imbuh Sandqvist.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebenarnya para gamer dari berbagai kalangan sudah mencurigai bahwa kontroler Nintendo NX dalam dua gambar bocoran minggu lalu adalah barang palsu.

Ini karena keduanya tampak terlalu mirip dengan kontroler dalam paten yang diajukan Nintendo beberapa bulan lalu. Padahal, perangkat final biasanya mengalami perubahan dan tampak berbeda dibandingkan ilustrasi dalam paten.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Eurogamer
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.