Facebook Buat Tunanetra Bisa "Melihat" Foto

Kompas.com - 06/04/2016, 11:01 WIB
Facebook mengembangkan kecerdasan buatan yang mampu mengenali objek di dalam foto dan membacakan deskripnya ke pengguna tunanetra The Next WebFacebook mengembangkan kecerdasan buatan yang mampu mengenali objek di dalam foto dan membacakan deskripnya ke pengguna tunanetra
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Fitur terbaru Facebook untuk Apple iOS membuat orang buta bisa melihat atau mengenali berbagai foto. Caranya dengan membacakan deskripsi setiap foto yang ditemui di linimasa media sosial tersebut.

Facebook memang telah lama berusaha mengembangkan kecerdasan buatan yang bisa mengenali berbagai objek dalam sebuah foto.

Mereka memakai jejaring syaraf yang meniru fungsi otak untuk mengenali objek. Selanjutnya mereka melatih kecerdasan buatan tersebut memakai jutaan contoh gambar.

Dalam keterangan pers yang diterima KompasTekno, Rabu (6/4/2016), Facebook mengumumkan ketersediaan  kecerdasan buatan itu di aplikasi Facebook untuk perangkat mobile berbasis iOS. Wujudnya adalah fitur bernama Automatic Alternative Text.

Fitur tersebut memungkinkan saat pengguna menjelajah linimasa dan menemukan foto, fitur tersebut otomatis membuat deskripsi.

Berbagai objek di dalam foto akan disebutkan sehingga bisa didengar pengguna tunanetra. Misalnya mengatakan, "Foto ini berisi tiga orang, tersenyum, dan berada di luar ruangan."

Sementara ini, Automatic Alternative Text baru bisa mendeskripsikan foto ke dalam bahasa Inggris. Hanya pengguna di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia serta Selandia Baru yang bisa memakainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Facebook berencana merilis fitur itu ke berbagai negara, bahasa serta platform lain dalam waktu dekat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.