Pengguna XL Keluhkan Gagal Aktivasi iMessage di iPhone

Kompas.com - 08/04/2016, 10:20 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna iPhone yang memakai layanan operator seluler XL Axiata melaporkan ada kendala dengan fitur iMessage dan FaceTime.

Pantauan KompasTekno, keluhan ini mulai ramai dicuitkan di Twitter sejak Kamis (7/4/2016) kemarin.

Untuk melakukan registrasi menggunakan layanan iMessage, pelanggan XL diminta untuk menggunakan alamat e-mail, alih-alih menggunakan nomor ponsel.

KompasTekno juga telah mencoba langsung mengaktifkan iMessage di jaringan XL, hasilnya sama, proses aktivasi gagal dan otomatis layanan tidak bisa digunakan.

Situs MakeMac dikutip KompasTekno, Jumat (8/4/2016) justru menemukan kendala ini sudah terjadi selama beberapa bulan. Salah satunya dialami oleh akun Twitter @de_lyo yang oleh akun Twitter XL Care justru diminta untuk aktivasi layanan iMessage dan FaceTime menggunakan Apple ID.


Pelanggan XL lain yang juga menggunakan iPhone, Aulia Masna mengalami kendala yang sama. Ia menuliskan keluhannya di situs Medium.com.

"Gangguan layanan ini nampaknya sudah terjadi selama beberapa bulan tanpa ada pernyataan resmi dari operator," demikian tulisnya.

Aulia mengatakan, keluhan ini muncul dari pengguna iPhone yang baru akan mengaktifkan iMessage/FaceTime di jaringan XL mulai November 2015. Pengguna layanan iMessage/FaceTime yang sudah aktivasi sebelum November 2015 tidak menemui masalah.

Menurut Aulia, gangguan itu ia alami setelah dirinya ingin mengaktifkan kembali layanan iMessage di Indonesia, setelah sebelumnya bepergian ke luar negeri.

Aulia telah menghubungi pihak customer care XL Center dan menurut dia, petugas layanan XL sudah menyadari akan adanya gangguan tersebut, namun mereka belum memiliki solusi untuk kendala aktivasi iMessage bagi pelanggannya.

Menemui tidak ada solusi dari pihak XL, Aulia kemudian mencoba menghubungi Apple Support melalui Twitter.

"Saran terakhir mereka adalah me-restore iPhone yang menurut saya bukan solusi karena saya masih menyimpan banyak pekerjaan, selain itu saya juga tidak mau menghabiskan waktu mengunduh dan mengatur ulang aplikasi-aplikasi," tulisnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.