Kompas.com - 14/04/2016, 07:24 WIB
Layanan pesan instan Facebook Messenger FacebookLayanan pesan instan Facebook Messenger
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno


KOMPAS.com - Daripada repot menyediakan call center untuk melayani para pelanggan yang ingin menyampaikan keluhan, memesan barang atau jasa, bagaimana jika kalangan bisnis bisa menyediakan “mesin otomatis” yang bisa memenuhi semua kebutuhan konsumen?

Itulah yang ditawarkan oleh Facebook melalui program chatbot (chat robot) di aplikasi pesan instan Messenger. Kehadiran program bernama resmi “Bots for Messenger” ini diumumkan dalam konferensi F8, Selasa (12/4/2016) lalu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch.

Nantinya, konsumen bakal bisa memakai Messenger untuk melakukan hal-hal seperti memesan tiket pesawat atau penginapan. Kegiatan tersebut akan dilayani oleh chatbot, bukan manusia, milik pelaku usaha, dalam hal ini maskapai atau pengelola hotel.

Chatbot bisa berlaku layaknya manusia sungguhan dalam menanggapi pelanggan. Selain kalimat terstruktur layaknya dalam percakapan, Chatbot di Messenger juga mampu mengirim gambar, tautan, dan tombol action (misalnya untuk memesan tiket tadi).

Dengan demikian, Facebook berharap Messenger bisa menjadi pusat kegiatan bisnis. Pelanggan tak perlu lagi membuka beberapa aplikasi karena semuanya bisa dilakukan lewat Messenger.

Facebook juga berniat memakai chatbot untuk mengirim iklan ke pelanggan yang sebelumnya telah menghubungi sebuah pelaku bisnis. Untungnya, kanal obrolan dari chatbot ini nantinya bisa dimatikan oleh pengguna untuk meminimalisir gangguan,

Messenger sendiri kini tercatat sudah memiliki 900 juta pengguna aktif. Facebook cenderung bereksperimen menambahkan fitur-fitur baru di layanan ini, sementara membiarkan WhatsApp tetap berfokus pada chatting.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber TechCrunch
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.