Kompas.com - 16/04/2016, 14:42 WIB
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) semakin agresif mengimplementasikan teknologi 4G LTE mereka. Setelah merilis layanan Voice over LTE (VoLTE) komersil, Smartfren kini sudah mulai menguji kerja sama roaming internasional via layanan tersebut.

Pengujian tersebut bekerja sama dengan operator Korea Selatan LG Uplus. Hal yang diujikan antara lain berupa panggilan suara dan video melalui mode VoLTE.

Sejauh ini, menurut Departement Head Internasional Service Smartfren Novi Lestari, semuanya berlangsung lancar. Video bisa ditampilkan dengan mulus, tanpa lag sama sekali dan call setup bisa berlangsung cepat.

Namun sementara ini masih berupa uji coba saja, belum dibuka untuk layanan roaming komersil. Kedua operator masih membicarakan banyak hal, salah satunya soal tarif yang dibebankan antar panggilan roaming itu.

“Sejak peluncuran 4G kami uji coba panggilan roaming dengan mitra di Korea Selatan, yaitu LG Uplus. Kurang lebih sejak tiga bulan lalu. Tapi saat ini belum komersil. Nanti akan kami umumkan lagi setelah uji coba tuntas seluruhnya,” terang Novi dalam Peluncuran Aplikasi Smart VoLTE di Jakarta, Jumat (15/4/2016).

“Kalau roaming VoLTE sudah diluncurkan untuk komersil, pengguna Smartfren akan bisa melakukan panggilan suara atau video ke luar negeri melalui VoLTE,” imbuhnya.

Novi menambahkan, di luar negeri saat ini sudah banyak operator yang merilis 4G LTE tapi hanya sedikit yang merilis VoLTE untuk komersil. Salah satunya adalah LG Uplus yang dipilih sebagai rekan kerjasama.

Soal roaming internasional, Smartfren saat ini sudah bisa dipakai di kurang lebih 245 negara di dunia. Roaming ini hanya sebatas panggilan telepon, berkirim pesan, serta koneksi data berbasis 4G LTE/3G/2G.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.