App Store Penuh, Apple Bersiap Tarik Bayaran?

Kompas.com - 18/04/2016, 08:43 WIB
ilustrasi ilustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com - Toko aplikasi iOS, App Store, telah berubah menjadi tempat yang penuh sesak dengan aneka macam aplikasi.

Sulit menemukan aplikasi yang dicari di antara lebih dari sejuta judul di dalamnya. Kata kunci tak selalu menampilkan hasil yang cocok, sementara aplikasi butuh hitungan jam -kalau bukan hari- untuk terindeks dengan lengkap di seluruh wilayah negara tempatnya tersedia.

Lantaran itulah, menurut informasi yang dihimpun KompasTekno dari Bloomberg, Senin (18/4/2016), Apple diduga sedang menyiapkan mekanisme penampilan aplikasi secara berbayar.

Jika memang benar begitu, kelak programer yang membayar sejumlah uang bisa memajang aplikasi buatannya di tempat yang lebih terlihat, seperti di atas laman hasil pencarian.

Model berbayar ini mirip dengan “paid search” ala Google yang akan mempromosikan aplikasi berdasarkan  apa yang dicari oleh konsumen.

Misalnya ketika seseorang mencari ddengan kata kunci “word puzzle” atau “blackjack”, maka aplikasi yang relevan dan membayar paid search bisa ditampilkan di urutan terdepan.

Apple kabarnya bahkan telah menyiapkan tim khusus beranggotakan 100 orang untuk mematangkan model pencarian berbayar ini, termasuk para teknisi dari tim mobile advertising iAd.

Pencarian berbayar juga bisa menjadi jalur pemasukan baru bagi Apple yang selama ini memperoleh pendapatan dari revenue sharing dengan memungut komisi penjualan aplikasi di App Store.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Bloomberg
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X