Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/04/2016, 14:41 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Raden Ajeng Kartini wafat pada 17 September 1904. Meski sudah tiada, gagasannya soal emansipasi wanita terus dikenang dan dimaknai hingga sekarang.

Jika dulu Kartini memperjuangkan hak pendidikan kaum perempuan, kini kartini-kartini yang lahir setelahnya hadir untuk memperjuangkan kesetaraan di bidang lain, termasuk dunia teknologi.

Profesi yang berkaitan dengan teknologi yang kerap disebut sebagai dunia para lelaki kini mulai dilakoni oleh perempuan Indonesia, mulai dari programmer, pebisnis e-commerce, hingga gamer.

Untuk itu, tepat pada peringatan "Hari Kartini" kali ini, Kamis (21/4/2016), KompasTekno mengulas singkat profil lima kartini muda yang berkarya di bidang teknologi.

1. Pendiri Prelo, Fransiska Hadiwidjana

Facebook Pendiri Prelo, Fransiska Hadiwidjana

Sejak kecil, Fransiska Hadiwidjana sudah jatuh cinta dengan dunia teknologi. Ia pun mengambil kuliah Jurusan Teknik Informatika di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 2008 lalu.

"Saya secara spesifik memang ingin membangun start up teknologi," kata dia lugas.

Keinginannya itu direalisasikan dengan membangun e-commerce barang bekas bernama "Prelo". Kenapa barang bekas?

Menurut Fransiska, pasar e-commerce di Indonesia sedang berkembang pesat. Nama-nama besar, seperti Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak, sudah memiliki pasarnya masing-masing. Namun, masih ada pasar yang belum tergarap, yakni mereka yang mencari barang bekas asli berkualitas.

Ke depan, Fransiska berharap semakin banyak perempuan yang turut meramaikan industri teknologi Tanah Air. "Perempuan jangan hanya berperan sebagai pengguna pasif, tapi juga sebagai kreator," ujarnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.