Kompas.com - 24/04/2016, 09:55 WIB
Logo Yahoo YahooLogo Yahoo
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sejak Yahoo mengumumkan niatannya untuk menjual bisnis inti, dikabarkan sudah ada lebih dari 10 perusahaan yang mengajukan "lamaran". Dikabarkan, tawaran tertinggi berada di kisaran 8 miliar dollar AS atau setara Rp 105,6 triliun.

Dilansir KompasTekno dari BusinessInsider, Minggu (24/4/2016), beberapa perusahaan yang diketahui mengajukan penawaran antara lain Verizon, YP Holdings, TPG, dan sekelompok investor gabungan dari Bain Capital dengan Vista Equity Partners.

Sementara ini hanya nama-nama tersebut saja yang sudah diketahui. Selain itu, dikabarkan masih ada dua perusahaan konsultan yang ikut serta mengajukan penawaran tapi tak diketahui identitasnya. Nama Google tidak disebutkan dalam laporan kali ini.

Baca: Google Dikabarkan Tertarik Meminang Yahoo

Untuk saat ini, Yahoo masih belum memutuskan perusahaan mana yang akan diterima tawarannya. Yang pasti, Yahoo berniat untuk menyaring penawaran-penawaran tersebut hingga menyisakan 7 perusahaan saja.

Penyaringan ini bakal menghabiskan waktu satu pekan, tetapi perlu waktu sebulan untuk mengumumkan perusahaan mana yang "pinangannya" diterima.

Chief Executive Officer Yahoo Marissa Mayer mengatakan bahwa penjualan bisnis Yahoo merupakan prioritas utama saat ini. Dia pun telah menemui berbagai pihak yang terlibat dalam proses penjualan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sayangnya bos Yahoo itu enggan menceritakan detail proses pengajuan penawaran yang sedang terjadi.

“Demi menjaga integritas proses penjualan ini, kami tidak akan memberikan komentar apapun terkait timing atau tawaran-tawaran yang sudah diberikan,” ujarnya.

Selama tiga tahun belakangan, Yahoo berjuang untuk mempertahankan berbagai lini bisnis. Sayangnya perjuangan tersebut gagal dan perusahaan memutuskan untuk menjual bisnis inti, termasuk web, karena tekanan dari para investor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.