Kompas.com - 24/04/2016, 13:48 WIB
Ilustrasi Aditya Panji/KompasTeknoIlustrasi
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - "Tak ada gading yang tak retak," begitu bunyi pepatah tua yang hingga kini masih kita jumpai. Barangkali karena maknanya acap kali relevan, bahwa manusia sejatinya tak sempurna.

Tapi, Google hendak mendobrak nilai pepatah tersebut. Setidaknya itu yang diindikasikan Director of Engineering Google Ray Kurzweil saat diwawancarai situs Playboy, beberapa hari lalu.

"Manusia punya kapasitas otak terbatas. Setidaknya sejuta kali lebih lambat dari elektronik komputasi," kata dia dalam wawancara, sebagaimana dilaporkan Cnet dan dihimpun KompasTekno, Sabtu (23/4/2016).

Untuk itu, kata Kurzweil, kecerdasan manusia harus ditingkatkan dengan menyisipkan nanobot ke dalam otak. Rencana itu bakal mulai direalisasikan Google pada 2030 mendatang.

Kurzweil berharap kepintaran manusia tak lagi memiliki celah pada 2045. Singkatnya, otak manusia diproyeksikan akan secerdas sistem operasi Android.  "Kami sudah menuju ke sana," ujarnya.

Ia menjelaskan, perangkat Android yang saat ini masih terpisah dengan tubuh manusia akan menjadi bagian yang menyatu seutuhnya. Ia pun mencontohkan kemungkinan yang terjadi jika hal tersebut terealisasi.

"Misalnya saya berjalan dengan pendiri Google Larry Page. Saya punya waktu tiga detik untuk mempersiapkan omongan cerdas. Otak saya tak akan mampu mempersiapkannya," ia menuturkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya butuh referensi sejuta modul dalam dua detik. Saya bisa mengaksesnya dari sistem cloud, seperti yang saat ini dimungkinkan smartphone. Dengan begitu, saya bisa mengeluarkan kalimat-kalimat yang benar," ia menambahkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNET

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.