Kompas.com - 27/04/2016, 10:57 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — YouTube sudah punya sisipan iklan di video yang ditayangkan di situsnya. Kini, situs berbagi video milik Google itu akan menambah lagi iklan "wajib" ditonton berdurasi 6 detik di semua video di situsnya.

Video iklan enam detik itu akan diputar di setiap awal (bumper) video YouTube mulai Mei 2016. Menurut YouTube dalam blog resmi perusahaan, video tersebut terkesan menjadi iklan wajib sebab tidak akan bisa di-skip atau dilewati oleh penonton.

Dikutip KompasTekno, Rabu (27/4/2016), video enam detik yang tidak bisa diloncati ini dibuat oleh YouTube untuk memperkuat pesan di video iklan yang lebih panjang atau menjangkau penonton yang lebih banyak.

Sebagai contoh, akun YouTube milik studio rekaman Atlantic Records menggunakan video bumper itu pada video promosi album kedua band Rudimental. Masing-masing bumper menampilkan salah satu musisi tambahan.

Sementara itu, pabrikan mobil Jerman, Audi, menggunakan video bumper itu sebagai iklan versi pendek dari video iklan versi panjangnya.

"Kami mengumpamakan video bumper ini seperti haiku-nya (puisi pendek Jepang) video iklan. Kami tak sabar, apa yang akan dilakukan komunitas kreatif dengannya," tulis Product Manager YouTube, Zach Lupei, di blog tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.