Kompas.com - 23/05/2016, 10:21 WIB
Jaket jeans pintar Google dan Levi's TechcrunchJaket jeans pintar Google dan Levi's
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Google, melalui divisi Advanced Technology and Projects (ATAP), memberikan informasi terbaru seputar produk jeans pintar Project Jacquard pada ajang I/O 2016 pekan lalu.

Dalam ajang tersebut, Google memamerkan bentuk konkrit dari wearable devices alias perangkat yang bakal dikenakan di tubuh ini. Bekerja sama dengan perusahaan pakaian asal AS, Levi's, Googe mengembangkan sebuah jaket jeans pintar yang bisa dihubungkan ke smartphone.

Ditujukan bagi para pesepeda, jaket jeans tersebut dapat digunakan sebagaimana perangkat wearable pada umumnya, seperti mengontrol musik, menjawab telepon, dan mengakses fitur navigasi.

Baca: Ponsel Lepas Pasang Google Bisa Dibeli Tahun Depan

Semua fungsi tersebut, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Techcrunch, Senin (23/5/2016), dapat dilakukan hanya dengan menyentuh bagian lengan jaket.

Nantinya, jaket jeans ini bisa digunakan untuk mengontrol aplikasi seperti Spotify, Google Maps, Strava, dan lain-lain. Google sendiri dikatakan akan melepas API jaket jeans ini kepada para developer.

Konsumen pun dikatakan tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan hasil kerja sama di antara kedua perusahaan besar tersebut. Jaket jeans tersebut sudah bisa didapatkan pada pertengahan tahun 2017 mendatang. Sementara, versi uji coba akan dirilis pada kuartal 4 tahun ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca: Cara Mengecek dan Memperkuat Sinyal di Android dan iPhone

Bernama "Project Jacquard", pengembangan jeans pintar tersebut merupakan buah pikiran dari divisi ATAP Google. Tim ATAP berencana membuat bahan jeans pintar menggunakan serat konduktif khusus yang dijahit bersama bahan tekstil biasa.
 
Serat-serat khusus ini nantinya bisa digunakan bersama aneka macam bahan tekstil, tak terbatas untuk jeans saja. Rancangan pakaian pun bisa diserahkan sepenuhnya para desainer. Bagian yang bisa menerima input dapat dibuat agar menonjol dari bagian lain, misalnya dengan diberi warna berbeda, atau dibuat menyatu. Bisa juga dibatasi pada area tertentu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber TechCrunch
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.