Kompas.com - 27/05/2016, 13:12 WIB
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Ramadhan 2016, Smartfren menyiapkan sekitar140 base transceiver station (BTS) tambahan untuk disiagakan di sepanjang jalur mudik di Pulau Jawa.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 50 unit merupakan BTS mobile yang bisa dipindah dengan mudah. Sedangkan sisanya merupakan BTS fixed yang dioptimalkan untuk pemakaian saat keramaian mudik dan setelahnya.

"Kami siapkan BTS itu untuk tempat-tempat yang kemungkinan terjadi kepadatan orang," tutur Munir di sela-sela Uji Jaringan 4G LTE Smartfren Yogyakarta, Kamis (26/5/2016).

"Misalnya di pelabuhan Merak, yang sudah pasti dan selalu dipadati pemudik. Kemudian di Gombong yang merupakan salah satu titik kepadatan pemudik ke arah Yogyakarta. Berikutnya di antara Yogyakarta dan Solo," imbuhnya.

Selain persiapan tersebut, menurut Munir, Smartfren akan meningkatkan kapasitas seluruh jaringan hingga 40 persen lebih tinggi dibanding hari biasa.

Fokusnya adalah menjaga agar layanan data tidak tumbang dan telepon, serta SMS agar tetap lancar. Sebagian besar pengguna Smartfren memang memakai layanan data, sedangkan layanan telepon atau SMS justru jauh lebih sedikit

"Bisa dikatakan bahwa pengguna layanan kami memang sudah 90 persen itu di data, sedangkan sisanya di voice (telepon) atau SMS," jelas Munir.

"Prediksinya keseluruhan traffic pengguna di Smartfren naik 15-25 persen. Sekarang dengan adanya VoLTE, kami juga berharap banyak orang yang bakal memakainya saat lebaran karena bisa dipakai video call," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.