Samsung Siapkan Smartphone dengan Layar Terbelah

Kompas.com - 02/06/2016, 18:04 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Samsung punya ide berbeda mengenai ponsel yang bisa dilipat. Alih-alih memakai bentuk yang futuristik, paten terbaru mereka justru menunjukkan bentuk ponsel mirip dengan lini produk Galaxy tapi bisa dilipat.

Bedanya, karena ini merupakan ponsel lipat, paten itu menggambarkan adanya sebuah engsel patau lapisan layar yang fleksibel di bagian tengah. Layar ponsel pun patah menjadi dua bagian.

Saat dilipat, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Android Authorty, Kamis (2/6/2016), layar ponsel terbelah dua, saling bertemu, dan tidak ada layar tambahan lain di bagian luar.

Sebelum munculnya paten ini, Samsung pernah membuat ponsel bernama Galaxy Round dengan layar yang fleksibel. Namun layar ponsel tersebut tak bisa dilipat; hanya berbentuk cekung mirip LG G Flex.

Layar lipat di dalam paten Samsung kali ini pun punya potensi terwujud atau justru tidak terwujud sama sekali. Pengajuan sebuah paten memang memberi indikasi terhadap teknologi baru yang sedang digarap, tapi tak lantas berarti teknologi tersebut benar-benar siap dirilis ke konsumen.

Hanya saja perlu dicatat, paten kali ini menampilkan salah satu bentuk ponsel lipat yang paling realistis. Tidak seluruhnya berbentuk layar, dan tidak berbentuk seperti selembar kertas futuristik yang bisa menampilkan berbagai menu.

Sejauh ini, belum ada paten layar lipat yang benar-benar berhasil diwujudkan menjadi sebuah gadget untuk konsumer, baik dari Samsung maupun produsen lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.