Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2016, 15:20 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Mayoritas masyarakat modern hari ini memiliki Facebook. Karenanya, jejaring sosial tersebut kerap dijadikan instrumen penelitian untuk mengaji fenomena sosial.

Salah satunya dilakukan oleh tim peneliti dari Unversity of Melbourne yang menelisik perbedaan bahasa yang dilontarkan antara perempuan dan laki-laki di Facebook.

Hasilnya mungkin sudah bisa diprediksi oleh sebagian orang. Perempuan ternyata lebih bangga mengumbar status pernikahan ketimbang lelaki, sebagaimana dilaporkan Cnet dan dihimpun KompasTekno, Jumat (3/6/2016).

Peneliti menemukan bahwa perempuan lebih sering menggunakan kata "suami" dibandingkan lelaki menggunakan kata "istri" untuk menyebut pasangannya.

Misalnya, ketika laki-laki berbincang dengan temannya di Facebook atau membuat status dan caption foto soal istrinya, ia lebih nyaman menyebut nama sang istri ketimbang menggunakan istilah "istri".

Tidak bisa dijadikan patokan

Kesimpulan penelitian mengatakan bahwa cara perempuan menyebut identitasnya menggambarkan karakteristik yang hangat, ramah, dan fokus pada orang. Sementara itu, laki-laki cenderung lebih berjarak, kritis, dan fokus pada objek.

Perempuan cenderung lebih memperhatikan "siapa" ketimbang "apa". Sementara lelaki lebih jeli melihat substansi obrolan, yakni "apa" ketimbang "siapa".

Kata-kata yang kerap disebut lelaki antara lain "berkelahi", "olahraga", "taruhan", "menang", dan "pemerintah". Meskipun, kata-kata yang sifatnya kotor juga sering dilontarkan untuk guyonan.

Studi ini diamati dari 68.228 pengguna Facebook yang mengizinkan akunnya diamati selama beberapa waktu. Peneliti menggunakan sistem komputasi untuk menganalisa bahasa sehari-hari mereka.

Peneliti menegaskan bahwa perilaku di Facebook tak bisa serta-merta dijadikan patokan karakter di kehidupan nyata. Sebab, Facebook adalah media sosial yang terpublikasi.

Orang-orang yang menampilkan diri di Facebook -dan media sosial lainnya- cenderung menunjukkan bagaimana mereka ingin dilihat, bukan bagaimana mereka yang sebenarnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber CNET

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.