Apple "Hapus" Gambar Senapan dari Daftar Emoji Baru

Kompas.com - 21/06/2016, 09:43 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sebuah gambar senapan laras panjang (rifle) hampir masuk ke dalam daftar emoji baru yang rencananya akan dirilis akhir bulan ini, tapi kemudian tak jadi karena ditolak oleh Apple.

Apple merupakan anggota dari Unicode Consortium, lembaga yang menetapkan standarisasi emoji antar perangkat.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BuzzFeed, Selasa (21/6/2016), dalam rapat menentukan emoji baru pada Mei lalu, Apple mengajukan keberatan atas emoji bergambar senapan dan menyatakan tak mau memasukkannya ke sistem operasi iOS.

Sebagai salah satu member terbesar dalam Unicode, Apple bukan hanya memiliki hak voting, tapi juga pengaruh besar mengingat platform besutannya dipakai oleh jutaan orang.

Tak dijelaskan apa persisnya alasan Apple menolak gambar senapan tersebut. Selain perusahaan berlambang buah apel tergigit itu, Google dan Micosoft juga dikabarkan melakukan penolakan serupa. Para peserta rapat Unicode kemudian sepakat untuk membuang gambar senapan.

Buzzfeed Gambar senapan sempat masuk dalam kandidat emoji baru yang akan dirilis pada Juni 2016

Gambar pistol yang selama ini ada agaknya dipandang cukup untuk mewakili senjata api dalam deretan emoji, tanpa perlu ada tambahan lainnya.

Gambar senapan yang bersangkutan tadinya dimaksudkan sebagai bagian dari rangkaian emoji bertema Olimpiade, untuk mewakili olahraga menembak seperti dalam pentathlon.

Di AS, senjata laras panjang lagi-lagi menjadi sorotan setelah dipakai dalam pembantaian massal untuk yang kesekian kalinya. Kasus terakhir menimpa sebuah kelab malam di Orlando, pekan lalu.

Namun, Apple sebenarnya sudah melontarkan wacana untuk menghapus gambar senapan sejak 2015 lalu karena alasan yang tidak diketahui.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BuzzFeed

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.