Kompas.com - 10/07/2016, 11:15 WIB
Kelompok hacker OneMine berkicau lewat akun Twitter Jack Dorsey yang dibajak. EngadgetKelompok hacker OneMine berkicau lewat akun Twitter Jack Dorsey yang dibajak.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Setelah CEO Facebook dan bos Google, kini giliran pendiri Twitter Jack Dorsey menjadi korban keisengan grup hacker bernama “OurMine” di layanan miliknya sendiri.  

Seperti dirangkum KompasTekno dari Engadget, Minggu (10/7/2016), akun Twitter sang pendiri Twitter itu dibobol OurMine pada Sabtu dinihari kemarin, waktu timur AS.

“Hey, ini OurMine, kami sedang menguji keamanan Anda,” kicau para peretas melalui akun Dorsey (@jack) yang dibobol.

Baca: CEO Google Senasib dengan Zuckerberg

Kelompok hacker itu sempat pula mengunggah sebuah video Vine pendek, dan beberapa tweet lain, tapi semuanya kini sudah dihapus.

Semua kicauan OurMine disalurkan lewat Vine. Ada kemungkinan Dorsey memakai password yang lemah di akun Vine miliknya, atau akun tersebut tersambung dengan layanan lain yang dibobol sehingga bisa diakses oleh hacker.

Nama “OurMine” mulai melambung gara-gara kelompok peretas itu doyan mengerjai para petinggi Silicon Valley dengan menjebol akun-akun media sosial mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, OurMine pernah membajak akun Twitter dan Pinterest milik CEO Facebook Mark Zuckerberg, serta akun Twitter dan Quora milik CEO Google Sundar Pichai.

Baca: Hacker Curi Password Akun Media Sosial Mark Zuckerberg

Hingga kini identitas dan motivasi OurMine masih belum jelas. Grup ini agaknya bukan termasuk kategori hacker “putih” ataupun hacktivist bermotif politik.

OurMine diketahui pernah memiliki akun di Twitter dan seringkali memamerkan pencapaiannya dalam meretas lewat berbagai kicauan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.