Kompas.com - 22/07/2016, 09:36 WIB
Salah satu jenis Pokemon yang langka didapati di Pokestop Pintu II Gelora Bung Karno oleh pemain Pokemon Go, Minggu (17/7/2016). Sejumlah Pokestop disebar di titik-titik tertentu yang biasanya jadi pusat keramaian, seperti Monas. KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERASalah satu jenis Pokemon yang langka didapati di Pokestop Pintu II Gelora Bung Karno oleh pemain Pokemon Go, Minggu (17/7/2016). Sejumlah Pokestop disebar di titik-titik tertentu yang biasanya jadi pusat keramaian, seperti Monas.
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Setelah sempat mengalami penundaan, Pokemon Go akhirnya dirilis juga di Jepang. Negeri Sakura menjadi negara pertama di Asia yang kebagian game tersebut secara resmi.

Pengumuman kehadiran Pokemon Go di Jepang diumumkan langsung oleh pihak Pokemon Go melalui akun Twitter resminya, @PokemonGoApp.

"Trainer di Jepang, terima kasih untuk kesabarannya. Pokemon Go saat ini sudah tersedia untuk diunduh di Jepang!," kicau akun tersebut.

Pokemon Go sendiri sebenarnya dijadwalkan untuk dirilis pada Rabu (20/7/2016) lalu. Niantic, Pokemon Go, dan Nintendo, tiga pihak di balik game tersebut, tidak mengungkapkan secara jelas alasan keputusan penundaan tersebut.

Namun, berdasarkan rumor yang beredar, penundaan itu terjadi karena sebuah e-mail bocoran, yang berisi tanggal resmi peluncuran game tersebut di Jepang.

Pihak pengembang merasa khawatir karena penduduk Jepang sudah mengetahui tanggal peluncurannya akan langsung berbondong-bondong mengunduh dan memainkan game berbasis augmented-reality tersebut. Server bisa saja langsung penuh dan tidak dapat menampung semua pemain.

Rumor lainnya, Pemerintah Jepang ingin memastikan dulu keamanan para warganya sebelum game itu benar-benar dirilis. Dikatakan, lembaga bencana Jepang sampai turun tangan mengantisipasi kehadiran game yang sedang naik daun tersebut.

Kehadiran Pokemon Go di Jepang diharapkan bakal segera "menular" ke negara-negara Asia lainnya. Dengan kehadiran game itu, pihak pengembang seperti menyatakan kesiapan server menampung para pemain dari wilayah Asia.

Pokemon Go sendiri saat ini sudah bisa dimainkan secara resmi di sebagian besar negara Eropa, Kanada, Amerika Serikat, Selandia Baru, dan Australia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Twitter
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.