Bisnis "Smartwatch" Lesu gara-gara Apple?

Kompas.com - 22/07/2016, 15:42 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Mengikuti jejak tablet, pasar arloji pintar alias smartwatch pun sepi peminat selama kuartal kedua 2016. Tak tanggung-tanggung, pengapalan smartwatch turun 32 persen dibandingkan periode serupa di 2015.

Hanya 3,5 juta unit smartwatch yang dikapalkan pada kuartal ini. Angka itu terjun bebas dari 5,1 juta unit yang dipasarkan pada kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Menurut firma analis IDC, Apple berkontribusi pada penurunan minat pasar akan smartwatch. Pasalnya, Apple mengalami penurunan penjualan smartwatch yang signifikan dari tahun ke tahun atau year-of-year.

Padahal, Apple diketahui sebagai salah satu pemimpin industri smartwatch, sebagaimana dilaporkan Techcrunch dan dihimpun KompasTekno, Jumat (22/7/2016).

Bisnis smartwatch Samsung, Lenovo, LG, dan Garmin tetap stabil. Meski demikian, kelima vendor juga tak mendulang peningkatan bisnis yang signifikan.

Tak ada model Apple Watch baru

Apple Watch pertama kali diluncurkan pada April 2015 atau masuk ke kuartal kedua tahun lalu. Kala itu penjualan Watch bisa dibilang fantastis, mencapai 200.000 unit per hari di Amerika Serikat.

Namun kejayaan itu tak berlangsung lama. Penjualan Watch turun drastis hingga 90 persen memasuki kuartal berikutnya. Apple pun tak mengeluarkan lini baru untuk membangkitkan kembali semangat pasar.

Apple dikatakan baru akan meluncurkan generasi terbaru Apple Watch pada akhir tahun ini. Benar atau tidaknya belum terkonfirmasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber TechCrunch

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.