PNS Jadi Profesi dengan Tingkat Kepuasan Tertinggi

Kompas.com - 25/07/2016, 19:10 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Jobplanet, platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, melakukan riset soal tingkat kepuasan kerja karyawan di Indonesia.

Dalam riset kali ini, pihak Jobplanet menganalisis data yang terkumpul melalui situs webnya sejak Januari hingga Juni 2016.  

Riset ini melibatkan 48.250 orang karyawan  yang tersebar di seluruh Indonesia sebagai responden, dan menggunakan sampel 18.900 perusahaan dari berbagai sektor industri yang terdaftar di Jobplanet.com.

Berdasarkan analisisnya, Jobplanet menemukan bahwa secara keseluruhan, rata-rata tingkat kepuasan karyawan di Indonesia terhadap pekerjaan dan perusahaan atau institusi tempat mereka bekerja selama semester pertama 2016 adalah sebesar 3,46. Dalam penilaian ini, angka tertinggi adalah 5,0 yang mewakili nilai “sangat puas”.

Analisis tersebut juga mengungkapkan bahwa profesi dengan tingkat kepuasan tertinggi ada di bidang pemerintahan atau di kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Yang menarik dari riset Jobplanet kali ini adalah, bahwa karyawan yang paling puas dengan pekerjaannya adalah karyawan di bidang pemerintahan, termasuk PNS. Hal-hal yang menjadi alasannya, antara lain adanya kepastian tentang tunjangan dan jaminan hari tua," tulis Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia, dalam keterangan pers yang KompasTekno terima, Senin (25/7/2016).

"Selain itu, tingkat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan di bidang ini sangat tinggi, dan itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka yang telah lolos dalam proses rekrutmen,” imbuhnya.

Berikut 10 profesi di Indonesia dengan tingkat kepuasaan kerja paling tinggi:

1. Karyawan di bidang Pemerintahan

Rata-rata tingkat kepuasan kerja: 3,70
Karyawan yang bekerja di bidang pemerintahan, antara lain pegawai negeri sipil (PNS), petugas pelayanan sosial, serta anggota kepolisian dan tentara.

2. Karyawan di bidang Media dan Public Relations (PR)

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X