Kompas.com - 19/08/2016, 10:23 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Ada banyak vendor yang menciptakan smartphone berbasis Android. Meski demikian, tiap vendor punya standar baku berbeda-beda. Hal ini kerap membingungkan pengguna saat ingin memilih ponsel baru.

Firma penelitian Apteligent berusaha memberi saran berdasarkan fakta lapangan. Melalui laporan teranyarnya, Apteligent mencoba mengidentifikasi pabrikan Android terbaik berdasarkan kecepatan update sistem operasi dan kerentanan terhadap crash.

Hasilnya menunjukkan perangkat-perangkat buatan Sony memiliki tingkat crash paling rendah, sebagaimana dilaporkan DigitalTrends dan dihimpun KompasTekno, Jumat (19/8/2016).

Artinya, bangunan software Sony paling mapan di antara perangkat Android lain. Rata-rata crash yang ditemukan pada perangkat-perangkat Sony hanya sebesat 0,08 persen.

Di bawah Sony, ada empat vendor Android yang masih terhitung berkualitas dari segi software. Masing-masing adalah Motorola, HTC, Samsung, LG, dan ZTE. Tingkat crash-nya secara berurutan 0,09 persen, 0,10 persen, 0,11 persen, 0,11 persen, dan 0,28 persen.

Motorola paling update

Selanjutnya, berdasarkan kecepatan update sistem operasi, sampel penelitian hanya diambil di wilayah India dan Amerika Serikat. Penelitian ini juga mengesampingkan perangkat vendor yang bermitra dengan Nexus buatan Google.

Di India, Motorola memimpin kecepatan update. Selanjutnya predikat itu disusul LG, HTC, Samsung, Sony, dan ZTE. Di AS Motorola kembali memimpin. Hanya saja, predikat kedua diduduki HTC, lalu Samsung, LG, Sony, dan ZTE.

Dari paparan tersebut, vendor Android terbaik pun diraih Motorola dan HTC. Sedangkan posisi kedua didapatkan LG.

Untuk menjawab pertanyaan "ponsel mana yang harus dipilih?", Apteligent mengatakan flagship terbaru dari lima besar vendor dengan kerentanan crash terendah dan update paling cepat bisa dijadikan pilihan.

Misalnya Samsung Galaxy Note 7, LG V20 dan V11, Moto Z dan Moto Z Force, Xperia XA Ultra, ZTE Axon 7, serta perangkat anyar HTC berbasis Nexus selanjutnya. Untuk melihat laporan lengkap Apteligent, Anda bisa tengok di tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.