Awas, "Update" Windows 10 Anniversary Bisa Bikin Rusak Webcam

Kompas.com - 21/08/2016, 17:07 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Awal bulan ini Microsoft resmi merilis update Windows 10 versi Anniversary yang diklaim membawa 200 pembaruan untuk fitur-fitur seperti Windows Hello dan peramban Edge. Namun update tersebut belakangan dilaporkan menimbulkan masalah.

Baca: Yang Baru di Windows 10 Setelah Setahun Dirilis

Informasi yang dirangkum KompasTekno dari The Verge, Minggu (21/8/2016), menyebutkan bahwa beberapa pengguna Windows 10 melaporkan webcam komputernya “rusak” setelah mengunduh pembaruan yang bersangkutan.

Update Windows 10 versi Anniversary disinyalir menghilangkan dukungan dua codec video yang banyak dipakai, yakni H.264 dan MJPEG.

Langkah ini disebut untuk meningkatkan performa dengan memberikan akses langsung ke webcam untuk aplikasi-aplikasi Windows tertentu.

Tapi dampaknya, webcam pihak ketiga milik para penggguna Windows 10 banyak dilaporkan mengalami freeze, termasuk ketika dipakai untuk streaming dengan aplikasi Skype milik Microsoft sendiri.

Dalam sebuah pernyataan, Microsoft secara tak langsung mengakui bahwa update tersebut memang bermasalah.

“Kami mendapat sejumlah kecil laporan mengenai keganjilan yang muncul usai Update Windows 10 Anniversary,” sebut Microsoft dalam pernyataan itu.

“Para insinyur dan customer support sedang menyelidiki secara case by case dan menawarkan tips troubleshooting,” lanjut Microsoft.

Selain webcam, berbagai layanan dan aplikasi multimedia yang mengandalkan kedua codec terkait dilaporkan ikut tumbang.  

Baca: Resmi, Windows 10 Anniversary Update Bisa Di-Download Lewat Cara Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.