Kompas.com - 24/08/2016, 07:10 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

DENPASAR, KOMPAS.com - Menjelang akhir September mendatang, Fujifilm berencana mulai memasarkan kamera mirrorless terbarunya, X-T2, di pasaran Indonesia. Waktu tersebut berdekatan dengan rilis global yang juga dijadwalkan pada September.

Berapa harga Fujifilm X-T2 di Indonesia nantinya? Research and Development Manager PT Fujifilm Indonesia Takashi Miyako mengaku belum bisa mengungkapkan angkanya, tapi dia memberi ancang-ancang.

"Mungkin nanti akan sedikit lebih mahal dibandingkan X-T1," ujar Miyako saat ditemui KompasTekno di Bandara Ngurah Rai, Bali, Selasa (23/8/2016). X-T1 adalah kamera generasi sebelumnya yang merupakan pendahulu X-T2.

Pada saat memperkenalkan X-T2 pada Juli lalu, Fujifilm mematok harga sebesar 1.600 dollar AS (sekitar Rp 21 juta) untuk versi body only di pasaran internasional. Di Indonesia, Miyako mengatakan pihaknya berencana mengikuti harga tersebut.

Sebagai perbandingan, saat ini kamera terdahulu, X-T1, dijual dengan harga Rp 16 juta untuk versi body only. X-T2 menawarkan sejumlah peningkatan dibanding X-T1 meski bentuk tubuh keduanya relatif mirip.

Fujifilm, misalnya, menambahkan joystick khusus pada X-T2 untuk memilih AF point yang aktif. Cara kerjanya sama dengan joystick serupa pada DSLR kelas profesional. X-T2 juga memiliki flip screen baru yang bisa ditekuk dalam orientasi portrait selain landscape.

"Jeroannya" turut dirombak. X-T2 kini memiliki sensor X-Trans generasi teranyar dengan resolusi 24 megapiksel. X-T2 juga menjadi kamera mirrorless pertama dari Fujifilm yang memiliki kemampuan merekam video 4K.

Ketika X-T2 sudah memasuki pasaran nanti, Fujifilm berencana mempertahankan X-T1 di pasaran dalam waktu terbatas. "Akan kami jual berdampingan (X-T1 dan X-T2) selama sekitar 1 atau 2 bulan," kata Miyako.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.