Kompas.com - 29/08/2016, 10:57 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Apple mengimbau pengguna iPhone dan iPad untuk memperbarui iOS ke versi teranyar 9.3.5 saat ini juga. Pasalnya, OS mobile itu sudah dilengkapi tambalan untuk kerentanan keamanan serius.

Beberapa hari lalu, terungkap celah berbahaya pada iOS 9 versi sebelumnya. Celah itu meliputi kemungkinan pengeksekusian kode sewenang-wenang, akses ke kernel memori, dan akses ke hak-hak khusus kernel.

Ketika dikombinasikan, tiga celah utama itu memungkinkan penjahat cyber melakukan jailbreak yang merugikan pengoperasian perangkat, sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, Senin (29/8/2016).

Setelah di-jailbreak, si penjahat cyber bisa menanamkan program jahat, membuka pesan yang terenkripsi, mendeteksi pergerakan smartphone, dan mengakses microphone perangkat secara diam-diam.

Celah itu sendiri ditemukan oleh firma keamanan Citizen Lab dan Lookout. Mereka melaporkannya ke Apple, sehingga pabrikan Cupertino itu segera memperbaikinya melalui versi 9.3.5.

Apple Ilustrasi iOS 9.3

Diketahui, saat ini beberapa pengembang sedang menguji coba sistem operasi iOS 10. Pertanyaannya, apakah celah dari iOS 9 terlanjur terbawa ke iOS uji coba itu?

Juru bicara Apple menampiknya. Menurut dia, selama penguji versi beta menginstal versi terbaru iOS 10, celah pada iOS 9 sebelumnya tak bakal terbawa.

"Eksploitasi celah keamanan sudah diperbaiki di iOS 10 terbaru," kata dia.

Bagi Anda yang belum memperbarui iOS ke versi 9.3.5, sebaiknya segera masuk ke "Settings" dan tekan tombol "Update" atau buka tautan ini. Jangan sampai kerentanan versi iOS 9 terlanjur membuat perangkat Anda "disusupi" orang lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.