Jokowi Bertemu Bos Raksasa "E-commerce" China Bahas Pemasaran Produk UKM

Kompas.com - 03/09/2016, 14:21 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (2/9/2016), mengunjungi kantor raksasa e-commerce di China, Alibaba Group Corporate Campus.

Agenda kunjungan tersebut salah satunya membicarakan soal peluang pemasaran produk usaha kecil menengah (UKM) Indonesia di China.

Jokowi menyempatkan diri meninjau sejumlah portofolio produk maupun layanan Alibaba sekaligus melihat suasana kerja di kantornya.

Presiden merasa perlu untuk mempelajari raksasa e-commerce tersebut agar dapat membantu memasarkan produk-produk ekonomi dari UKM dan kreator muda Indonesia di pasar China.

Foto-foto Jokowi saat diterima Jack Ma di kantornya dirilis oleh media China Xinhua News melalui akun Twitter-nya.


"Jack Ma pribadi dan Presiden mempunyai pandangan yang sama tentang UKM. UKM itu harus diberdayakan untuk memanfaatkan teknologi ini," ujar Menkominfo Rudiantara yang mendampingi Jokowi dalam kunjungan tersebut, lewat keterangan resminya pada KompasTekno, Sabtu (3/9/2016).

"Visi dari Jack Ma itu juga sama, yakni bagaimana memfokuskan sasaran kepada UKM," imbuh Rudiantara.

Memperdalam kerja sama

Salah satu yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut adalah keinginan untuk memperdalam kerja sama. Harapannya, produk UKM asal Indonesia bukan cuma bisa melenggang di China, melainkan berbagai belahan dunia melalui layanan milik Alibaba.

Sebelumnya, dalam platform Tmall (sebelumnya Taobao Mall) milik Alibaba, sudah ada bagian khusus bernama Inamall yang dipakai untuk memasarkan berbagai produk asal Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.