Kompas.com - 13/09/2016, 17:03 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Pengguna Twitter bakal segera bisa berkicau lebih panjang dalam sekali tweet. Perusahaan microblogging yang bersangkutan akan segera menerapkan perubahan terhadap batas 140 karakter yang selama ini berlaku.

Tepatnya, tautan untuk attachment media (gambar, animasi GIF, video, polling, dsb.) tidak akan mengurangi jatah 140 karakter tersebut sehingga bisa dimanfaatkan secara penuh oleh pengguna.

Laporan The Verge yang dirangkum KompasTekno, Selasa (13/9/2016) menyebutkan bahwa perubahan memyangkut kebijakan 140-karakter itu bakal mulai bergulir mulai minggu depan, tepatnya pada 19 September mendatang.

Rencana Twitter untuk membuat tautan media tidak mengurangi jatah karakter sebenarnya sudah diumumkan sejak Mei lalu, namun Twitter belum menetapkan jadwal resmi untuk penetapannya.

“Ini meruapakan perubahan terbesar yang kami lakukan terhadap percakapan pengguna, untuk memberikan kebebeasan mamakai ke-140 karakter,” ujar CEO Twitter Jack Dorsey ketika itu.

Twitter sempat mempertimbangkan untuk meningkatkan batas jumlah karakter hingga lebih dari 140, namun kemudian Dorsey merujuk kembali ke batasan tersebut.

Dulu, pada masa-masa awal Twitter, limit 140 karakter dibuat supaya sebuah tweet bisa termuat dalam SMS (untuk mengunggah tweet, sebelum koneksi internet mobile marak). Batasan tersebut menjadi ciri khas Twitter hingga kini.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.