Kompas.com - 14/09/2016, 16:38 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com -Siapa penguasa pasar PC desktop dan notebook Indonesia? Menurut SMB and Large Enterprise Lead Lenovo Indonesia, Irene Santosa, jawabannya tak lain adalah Lenovo.

Perusahaan PC asal China itu diklaim memiliki pangsa pasar (market share) sebesar 29,2 persen di Indonesia, mengutip data firma riset pasar IDC untuk kuartal pertama 2016.

"Untuk kami, kuartal itu berakhir bulan Juni, sementara data kuartal kedua belum masuk. Angka tersebut berlaku untuk keseluruhan produk PC (desktop dan notebook) commercial (PC bisnis) dan consumer," ujar Irene ketika ditemui di sela acara Lenovo Technology Day 2016 di Jakarta, Rabu (14/9/2016).

Khusus pasaran PC untuk bisnis skala kecil dan menengah (SMB) di Indonesia, Irene mengatakan pihaknya sudah memimpin pasar selama 12 kuartal secara berturut-turut.

Dari segi jenis produk, Irene menyebutkan sebagian besar penjualan PC Lenovo disumbang oleh perangkat jenis laptop dengan kontribusi sekitar 60 persen. Sisanya sebesar 40 persen datang dari desktop.

Adapun produk-produk PC bisnis (commercial) Lenovo baru menyumbang sekitar 30 persen dari total penjualan PC desktop dan notebook. "Segmen PC consumer kontribusinya kurang lebih 70 persen," kata Irene.

Tak terpengaruh smartphone

Oik Yusuf/ KOMPAS.com SMB and Large Enterprise Lead Lenovo Indonesia, Irene Santosa, ketika berbicara dalam acara Lenovo Technology Day 2016 di Jakarta, Rabu (14/9/2016).
Sedikit berbeda dari PC consumer, menurut Irene, pasaran PC bisnis tak terlalu terpengaruh oleh booming smartphone. Sebab, pelanggan PC bisnis biasanya memakai perangkat tersebut sebagai alat kerja untuk kebutuhan profesional.

"Soal ease of use dalam hal ini jelas lebih gampang di PC daripada smartphone. Apalagi kalau sudah berurusan dengan software office atau membikin presentasi. Kami memosisikan smartphone sebagai pelengkap," lanjut dia.

Lenovo sendiri memiliki jajaran produk smartphone yang populer di Tanah Air. Tapi Irene mengatakan bahwa fokus bisnis utama pabrikan dari China itu tetap berkisar di PC.

"Kami percaya PC akan terus hidup. Core business kami di PC. Karena itu PC akan selalu kami 'protect', sementara di segmen smartphone yang masih terus dikembangkan, kami mengambil sikap 'attack'," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.