Kompas.com - 16/09/2016, 14:00 WIB
Chip mobile A10 Fusion di balik duo iPhone 7 terbaru. AppleChip mobile A10 Fusion di balik duo iPhone 7 terbaru.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Chip A10 Fusion yang tertanam di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus terbaru dijanjikan memiliki kinerja lebih kencang dibanding generasi terdahulu. Tapi seberapa besar peningkatannya?

Sebuah hasil benchmark Geekbench yang dilansir oleh MacRumors menyebutkan bahwa duo iPhone baru tersebut mencetak skor CPU sebesar 3.450 poin untuk pengujian single core dan 5.630 poin untuk uji multi-core.

Angka tersebut, sebagaimana dirangkum oleh KompasTekno, Jumat (16/9/2016) lebih tinggi dibandingkan skor laptop tipis MacBook Air yang juga dibuat oleh Apple.

Model MacBook Air awal 2015 yang ditenagai prosesor Intel seri Core i7, misalnya, mencatat skor multi-core 5.650 poin dan skor single core 2.989 poin, menyerupai bahkan lebih rendah dibandingkan duo iPhone 7 yang catatan hasil benchmark-nya mampu menyamai MacBook Pro model awal 2013 dengan prosesor Core i5. (Baca: Benchmark Ungkap Jumlah RAM iPhone 7)

Geekbench adalah software benchmark cross-platform yang hanya berfokus pada pengujian kinerja prosesor dan memori. Oleh karena itu, skor sebuah perangkat bisa langsung dibandingkan dengan perangkat lain walaupun berbeda jenis.

Tentu, kalaupun kinerjanya memang lebih tinggi, iPhone 7 tak bisa serta merta menggantikan fungsi laptop karena platform yang digunakannya (iOS) memang berbeda dibandingkan MacBook (Mac OS). Performa bukan satu-satunya faktor yang menentukan kegunaan sebuah perangkat.

Meski demikian, hasil benchmark di atas setidaknya bisa memberikan gambaran mengenai kemajuan teknologi chip mobile rancangan Apple yang berbasis arsitektur ARM, dibanding lini laptop buatannya yang menggunakan chip Intel. (Baca: Begini Suasana Penjualan Perdana iPhone 7)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

A10 Fusion sendiri merupakan chip quad-core dengan dua inti berkecepatan tinggi dan dua inti hemat daya yang bekerja secara bergantian, tergantung besarnya beban pemrosesan ponsel. Kinerja CPU chip ini diklaim 40 persen lebih tinggi dibanding chip A9 pendahulunya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber MacRumors
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.