Benarkah "Snake" Game Mobile Pertama?

Kompas.com - 28/09/2016, 15:27 WIB
Antarmuka game IstAntarmuka game "Snake" di ponsel Nokia lawas.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Masih ingat dengan game Snake di ponsel lawas Nokia? Game "ular pemangsa" yang dirilis pada 1997 itu banyak disebut sebagai game di ponsel pertama. Benarkah?

Tak heran jika banyak yang menyebut Snake sebagai game mobile pertama. Sebab Nokia menjadi ponsel yang begitu populer pada masanya. Game Snake yang jadi fitur wajib di lini ponsel Nokia pun banyak dimainkan sebagai pembunuh atau pengisi waktu.

Namun, sebelum Nokia dan Snake populer, ternyata ada pula vendor telepon seluler yang sudah lebih dahulu menanamkan game mobile di perangkatnya.

Dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (28/9/2016), pada 1994, produsen ponsel Denmark, Hagenuk mengintegrasikan game Tetris di ponsel buatannya, MT-2000.

Ponsel tersebut juga menjadi yang pertama yang menggunakan tombol "soft key" untuk menavigasi menu di layar, sehingga memudahkan untuk aktivitas gaming.

Ist Hagenuk MT-2000
Hagenuk MT-2000 juga disebut sebagai ponsel pertama dengan antena terintegrasi.

Namun, Tetris di dalam ponsel hagenuk MT-2000 ini juga ternyata bukan game mobile pertama yang ada di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mundur satu tahun ke belakang, IBM dan BellSouth berkolaborasi merancang smartphone pertama, disebut Simon Personal Communicator.

Smartphone itu pertama kali dikenalkan pada 1993, tetapi baru masuk ke pasar pada Agustus 1994.

Dari sekian fitur yang ada di dalam Simon Personal Communicator, IBM menyertakan game berjudul Scramble, yakni game teka-teki bergambar di mana pengguna harus menyusun kotak-kotak acak menjadi sebuah gambar utuh.

Ist IBM Simon.
Opini umum di tengah para pelaku industri teknologi saat ini menyebut Scramble adalah game pertama yang hadir di platform mobile, sedikit lebih awal dibanding Tetris di Hagenuk MT-2000.

Jadi, kemungkinan Snake adalah game mobile ketiga yang hadir di pasar. Perlu diingat juga, Snake bukan satu-satunya game yang ada di ponsel Nokia, bersamanya terdapat game lain seperti Sudoku.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.