Wicak Hidayat

Penulis teknologi yang saat ini terjun bebas ke dunia startup digital. Ia aktif di Code Margonda bersama komunitas lainnya di Depok. Juga berperan sebagai Tukang Jamu di sebuah usaha rintisan bernama Lab Kinetic.

kolom

Malam Penuh Keringat di Berlin

Kompas.com - 18/10/2016, 11:28 WIB
Betahaus Berlin Wicak HidayatBetahaus Berlin
EditorReska K. Nistanto

Pada suatu malam di sebuah ruangan yang penuh dengan manusia, semua perhatian tertuju pada sebuah panggung kecil.

Ruang itu tak seberapa besar, dengan dinding batu bata cat putih, pipa-pipa telanjang di langit-langit. Dekorasi minimalis yang mengesankan tempat itu sebagai gudang atau ruang bawah tanah.

Orang-orang berdiri, hampir berdesakan. Meski di luar udara musim gugur terasa cukup dingin, di dalam ruangan terasa gerah karena kepadatan itu. Keringat pun mengalir, memaksa manusia tropis yang satu ini untuk menanggalkan jaket dan kupluk lusuhnya.

Suasana di ruangan itu cukup riuh. Tepuk tangan dan seruan-seruan sesekali terdengar. Manusia-manusia dengan minuman di tangannya, kemudian saling berbincang di sela-sela acara.

Tidak, ini bukan suasana sebuah klub malam atau pertunjukan musik. Meskipun energi yang terpancar dari ruangan itu mungkin sama besarnya dengan sebuah klub malam. Ini adalah gambaran ajang Betapitch Global, sebuah event tahunan yang digelar Betahaus Berlin--coworking space ternama di Jerman.

Suasana malam itu mengingatkan pada periode 1990-an hingga awal 2000-an. Ketika itu, di Jakarta dan sekitarnya, juga beberapa kota-kota di Indonesia, cukup banyak musisi yang merintis karirnya dari acara musik underground.

Anak muda di masa itu pun senang menghadiri acara musik underground. Selain untuk bergaul, mereka juga ingin tahu musik seperti apa yang sedang hangat di kalangan seusianya. Meskipun harus mendatangi acara yang padat, riuh dan berkeringat.

Semangat Dunia

Semangat yang kurang lebih sama  bisa dirasakan malam itu di Berlin. Orang-orang hadir untuk melihat, ide bisnis apa yang disampaikan di panggung. Dan acara ini mendatangkan startup dari berbagai belahan dunia, mereka yang telah lolos dalam Betapitch di berbagai lokasi.

Sudut pandang global itu yang membuat saya bisa menikmatinya. Karena ini bukan acara startup Berlin atau Eropa saja, yang naik ke atas panggung datang dari berbagai lokasi, dengan solusi atas masalah yang sangat beragam juga.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.