Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2016, 06:58 WIB
Laksono Hari Wiwoho

Penulis

HONG KONG, KOMPAS.com - Generasi terbaru prosesor mobile Snapdragon seri 800 dari Qualcomm dipastikan akan menggunakan modem X16 berkecepatan unduh hingga 1 Gigabit per detik (Gbps). Kemampuan ini adalah yang tercepat saat ini.

Kepastian itu mengemuka dalam acara 4G/5G Summit 2016 yang digelar oleh Qualcomm di Hong Kong, Selasa (18/10/2016), yang turut dihadiri wartawan KompasTekno, Laksono Hari Wiwoho.

Dalam paparannya di acara tersebut, Cristiano Amon selaku Executive Vice President Qualcomm mengatakan bahwa X16 merupakan babak baru Gigabit LTE dan menjadi jembatan menuju era 5G.

Ia mengatakan bahwa saat ini sekitar 64 persen operator di dunia sudah mendukung penggunaan Gigabit LTE.

Sampai sekarang, Qualcomm belum memberikan bocoran mengenai nama varian terbaru Snapdragon 800. Berbagai media internasional meyakini keluaran terbaru itu akan diberi nama Snapdragon 830.

Baca: Inikah Spesifikasi Prosesor Snapdragon 830?

Meski demikian, Vice President of Product Management Qualcomm Keith Kressin mengatakan, nama tersebut belum final.

Adapun vendor pertama yang menggunakan teknologi Snapdragon X16 ini adalah Netgear melalui perangkat mobile router MR1100 dan bekerja sama dengan Telstra selaku operator di Australia.

Saat ini Snapdragon seri 820 menggunakan modem X12 dengan kekuatan unduh 600 Mbps dan unggah data 150 Mbps. Contohnya adalah ponsel Google Pixel yang sudah mengadopsi chipset Snapdragon 821.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com