Beredar, Malware Android Pengajak Selfie

Kompas.com - 19/10/2016, 16:18 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Pembuat malware makin kreatif dalam memancing korbannya agar membeberkan keterangan sensitif. Minggu ini ditemukan program berbahaya di Android yang mampu mengajak selfie.

Bukan sembarang selfie, melainkan memotret diri sendiri bersama kartu identitas seperti SIM, KTP, atau paspor untuk mencuri detil-detil informasi personal sang korban.

Malware hasil temuan McAfee Labs Mobile Research Team itu berupa trojan yang menyamar sebagai video codec, plug-in flash, atau aplikasi dari situs porno, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmodo, Rabu (19/10/2016).

Padahal, jenis-jenis aplikasi di atas tidak pernah meminta verifikasi berupa foto identitas pengguna.

McAfee Trojan baru di Android mengajak korban memasukkan detil informasi kartu kredit serta mangajak selfie.

Selain itu, korban juga diminta memberikan informasi-informasi lain, seperti nomor-nomor kartu kredit, serta nama-nama anggota keluarga.

“(Informasi-informasi tersebut) sangat berguna bagi kriminal cyber untuk mengkonfirmasi identitas korban dan mengakses tak hanya akun bank, namun mingkin juga media sosial,” tulis McAfee dalam laporannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Supaya lebih meyakinkan, si pembuat malware merancang program jahatnya agar tampak seperti aplikasi dari Google Play.

Malware “selfie” ini merupakan salah satu varian baru dari trojan bank Android Acecard atau Torec yang sudah banyak dikenal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Gizmodo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.