Kompas.com - 26/10/2016, 20:05 WIB
Contoh pemotretan menggunakan mode Portrait pada iPhone 7 Plus AppleContoh pemotretan menggunakan mode Portrait pada iPhone 7 Plus
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Apple baru saja merilis update sistem operasi iOS 10.1 yang berisi mode Portrait atau efek bokeh untuk kamera iPhone 7 Plus. Sebagus apa hasil jepretan menggunakan efek bokeh tersebut?

Biasanya, efek bokeh dihasilkan oleh lensa kamera dengan bukaan yang relatif lebar, misalnya F/1.2 atau F/2.

Pada bukaan tersebut, lingkup fokus menjadi sangat sempit. Artinya objek yang berada di ruang fokus bisa terlihat tajam, sedangkan latar belakangnya menjadi tidak fokus atau blur.

Namun Apple mengakalinya dengan cara berbeda. Informasi yang dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (25/10/2016), efek bokeh pada mode Portrait di iPhone 7 Plus diperoleh dengan memanfaatkan kamera berlensa ganda dan pemrosesan foto menggunakan software.

Saat iPhone 7 Plus dipakai memotret, lensa telephoto 56 mm akan dipakai untuk merekam gambar. Sedangkan lensa wide dipakai untuk mengumpulkan data kedalaman ruang, lalu mengubahnya menjadi sembilan lapisan gambar berdasarkan jarak antara kamera dengan objek foto.

Setelah mendapatkan sembilan lapisan gambar tersebut, software akan menyeleksi lapisan tajam dan lapisan yang akan dibuat blur. Semakin jauh jarak lapisan gambar tersebut dengan kamera, maka efek blur yang diterapkan akan semakin kuat.

Namun perlu dicatat, mekanisme blur pada mode Portrait ini memang tak sempurna. Ada sejumlah kondisi yang membuat software tidak bisa membaca dan mengaplikasi blur dengan tepat, misalnya obek bergerak dan kondisi cahaya yang redup.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih jelasnya, berikut ini beberapa contoh foto yang diabadikan menggunakan mode Portrait tersebut:

TechCrunch Efek bokeh pada mode Portrait iPhone 7 Plus belum sempurna, ada bagian yang tak terbaca dan gagal mendapatkan efek tersebut
Perhatikan ruang kosong yang ada diantara tangan kanan bayi. Pada contoh ini kamera iPhone 7 Plus gagal membaca ruang tersebut sebagai lapisan terpisah yang harus di-blur.

TechCrunch iPhone 7 Plus juga bisa memberi efek bokeh pada foto yang tak memperlihatkan wajah
Mode Portrait menggunakan bantuan dari sensor pendeteksi wajah untuk memisahkan antara ruang tajam dan blur. Namun pada contoh foto ini, tampaknya fitur tersebut tidak selalu diperlukan.

Foto yang dipotret dari belakang ini tidak menampilkan wajah, tapi tetap bisa memburamkan bagian yang diperlukan (latar belakang). Bagian tubuh objek foto pun tetap terlihat jelas.

TechCrunch iPhone 7 Plus bisa menghasilkan efek bokeh dalam level berbeda sesuai jarak antara objek dengan kamera

TechCrunch Kontras pencahayaan juga turut andil dalam menentukan kualitas bokeh pada kamera iPhone 7 Plus
Mode Portrait iPhone 7 Plus bisa bekerja dengan lebih baik dalam beberapa kondisi. Misalnya, jarak objek yang makin jauh dari kamera, atau saat kondisi cahaya melimpah dan bisa menunjukkan kontras antara latar belakang dengan objek.

TechCrunch Kamera iPhone 7 Plus juga bisa menangkap kedalaman ruang dan memberikan efek bokeh pada foto seperti ini

TechCrunch Begitu juga dengan foto ini, kamera iPhone 7 Plus bisa memberikan efek bokeh untuk menonjolkan latar belakang dan latar depan
Hal paling menarik dari fitur ini, mode Portrait juga bisa bekerja pada objek foto yang tidak menyematkan manusia. Contohnya pada stiker atau jejeran wadah cat di atas. Pengguna iPhone 7 Plus masih bisa mendapatkan efek blur yang apik untuk menonjolkan kedalaman bidang ruang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber TechCrunch
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.