Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S8 Tertunda gara-gara Asisten Pintar?

Kompas.com - 09/11/2016, 12:35 WIB
Oik Yusuf

Penulis


KOMPAS.com -
Samsung dikabarkan bakal membuat Galaxy S8 sebagai perangkat istimewa dengan tambahan teknologi personal assistant baru bernama Bixby. Sang asisten virtual bakal bisa dipanggil dengan sebuah tombol khusus yang disematkan di sisi samping perangkat.

Namun, konsumen agaknya harus menunggu lebih lama dari biasanya sebelum bisa menjajal kebolehan Bixby. Laporan terbaru yang dirangkum KompasTekno dari The Wall Street Journal, Rabu (9/11/2016) menyebutkan bahwa peluncuran Galaxy S8 akan tertunda hingga April mendatang.

Baca: Samsung Bixby, Asisten Digital Pesaing Siri Hadir di Galaxy S8?

Sebabnya tak lain karena Samsung mematangkan asisten Bixby supaya benar-benar bisa menjadi fitur andalan Galaxy S8 dalam menarik minat konsumen. Terlebih, Samsung sejauh ini belum memiliki teknologi serupa yang bisa menandingi personal assistant besutan vendor lain, seperti Apple Siri atau Cortana dari Microsoft.

Samsung pernah meluncurkan virtual assistant bernama S Voice pada 2012. Namun, fitur yang muncul pada Galaxy S3 itu tidak diperbarui selama empat tahun dan tidak pula disebutkan saat rilis Galaxy S7 awal tahun 2016.

Minggu lalu, Chief Technology Officer Samsung, Injong Rhee, mengatakan bahwa virtual assistant di Galaxy S8 bakal memakai teknologi dari Viv Labs, startup artificial intelligence yang diakuisisi Samsung pada Oktober.

Rhee mengklaim bahwa virtual assistant Galaxy S8 bisa menawarkan jenis-jenis layanan yang berbeda dibandingkan teknologi serupa besutan perusahaan lain. Dia juga menyebutkan Galaxy S8 bakal menjadi pelopor untuk penggunaan AI di perangkat jenis lain seperti home appliance.

Apabila penundaan di atas benar terjadi, maka Samsung akan mengubah kebiasaan meluncurkan ponsel seri Galaxy S di ajang Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, yang digelar saban Februari setiap tahun.

Galaxy S8 sendiri kabarnya bakal dibekali aneka "jeroan" hardware terkini, mencakup prosesor Exynos 8895, optical fingerprint sensor, teknologi kamera ganda, di samping sang asisten pintar Bixby.

Baca: Secepat Apa Prosesor Galaxy S8?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com