Kompas.com - 12/11/2016, 09:05 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Konsorsium Unicode, lembaga resmi penyusun sistem pengodean karakter tulisan, telah menyiapkan daftar emoji terbaru. Salah satunya adalah emoji yang menggambarkan wanita berhijab.

Emoji wanita berhijab ini didaftarkan dengan nama “person with headscarf” atau seseorang yang mengenakan kerudung. Tujuan penambahan emoji ini antara lain agar pengguna bisa memakainya untuk mengekspresikan perayaan keagamaan, seperti Ramadhan, atau sebagai aspek religius lain.

Emojipedia Dalam kotak merah, contoh emoji kepala meledak yang akan masuk ke Unicode 10

Emoji menarik lainnya adalah kepala meledak yang didaftarkan dengan nama “shocked face with exploding head” atau wajah terkejut dengan kepala meledak. Sesuai namanya, tujuan penambahan emoji ini adalah memberi variasi pada ekspresi terkejut.

Baca: Remaja 15 Tahun Ajukan Emoji Hijab

 Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Blog Emojipedia, Sabtu (12/11/2016), total ada 51 emoji baru yang diajukan untuk tampil dalam Unicode 10.

Selain hijab dan kepala meledak, masih banyak variasi emoji baru. Beberapa di antaranya adalah emoji jerapah, vampir, roti pretzel, pria berjenggot, soda, mata berbintang, UFO, zebra, dan dinosaurus.

Konsorsium Unicode sendiri menerima banyak masukan untuk daftar emoji baru setiap tahunnya. Namun, tentunya tidak semuanya akan diterima. Dari sekian banyak emoji yang diajukan untuk dimuat pada 2017, ada beberapa yang tidak diterima, yaitu almond, daun hijau, wajah dengan bohlam, dan wajah menabrak tembok.

Saat ini, pengguna belum bisa menggunakan emoji baru tersebut. Ke-51 emoji direncanakan baru bisa dipakai pada pertengahan tahun 2017 mendatang.

Sekadar diketahui, Unicode merupakan sebuah standar yang digunakan di industri komputer. Standar ini dibuat agar terjadi konsistensi dalam hal penyandian (encoding), representasi dan penanganan sistem tulisan. Standar yang dipakai saat ini adalah Unicode 9.

Baca: Tidak Ada Kondom di Daftar Emoji Terbaru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.