Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, "Mirrorless Selfie" Fujifilm X-A3 Dijual Rp 8,8 Juta di Indonesia

Kompas.com - 16/11/2016, 14:46 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah mengungkapkan rencana merilis X-A3 beberapa waktu lalu, Fujifilm akhirnya meresmikan kehadiran kamera mirrorless terbarunya itu di pasaran Indonesia melalui acara peluncuran yang digelar di Jakarta, Rabu (16/11/2016).

X-A3 merupakan model mirrorless entry level yang dimaksudkan sebagai penerus X-A2. Dibanding kamera sebelumnya tersebut, X-A3 mengusung sejumlah peningkatan seperti resolusi sensor yang naik menjadi 24 megapiksel (dari 16 megapiksel pada X-A3) dan layar sentuh.

Kamera ini disebut-sebut sebagai mirrorless selfie. Pasalnya, selain mendukung touch-input, layar LCD X-A3 yang berukuran 3 inci dapat ditekuk ke atas dan bawah (tilting), serta 180 derajat ke arah depan sehingga menghadap pengguna untuk mempermudah pemotretan selfie.

Fujifilm berencana menjual X-A3 mulai 25 November mendatang dengan banderol Rp 8,8 juta, termasuk lensa XC 16-50 mm F3.5-5.6 OIS II. Angka tersebut lebih tinggi dibanding X-A2 yang dihargai Rp 8 juta, namun pihak Fujifilm Indonesia mengaku tidak khawatir.

"Memang, harganya lebih mahal, namun X-A3 memiliki aneka fitur baru yang kami yakin akan menarik minat konsumen," sebut General Manager Sales & Marketing Fujifilm Indonesia, Johanes J. Rampi, ketika ditemui KompasTekno di sela acara.

Baca: Apa Itu Kamera Mirrorless, Bedanya dengan DSLR?

Lensa kit untuk X-A3 ikut diperbarui. Kit XC 16-50 mm F3.5-5.6 yang mendampingi kamera tersebut sanggup mengunci fokus dalam jarak 7 cm (dari elemen depan lensa) dalam setting terlebar, 16 mm.

Selain itu, X-A3 turut dibekali aneka filter gambar tambahan seperti soft focus dan miniature mode, sesuai dengan segmen pemula yang disasar Fujifilm lewat produk ini.

Baca: Ini Hasil Jepretan Mirrorless Yi M1

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com