Vivo Ikut Pasang Kamera "Selfie" Jumbo, Oppo Malah Bangga

Kompas.com - 07/12/2016, 15:10 WIB
Media Engagement Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, Rabu (7/12/2016), dalam peluncuran Oppo F1s Your Raisa Phone di Jakarta. Fatimah Kartini Bohang/kompas.comMedia Engagement Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, Rabu (7/12/2016), dalam peluncuran Oppo F1s Your Raisa Phone di Jakarta.
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini, smartphone di pasaran umumnya memiliki kamera belakang yang lebih unggul ketimbang kamera depan. Oppo lalu mematahkan tradisi tersebut dengan menelurkan seri F1s pada Agustus lalu.

Mengusung slogan "Selfie Expert", smartphone itu dibekali kamera depan 16 megapiksel yang lebih garang daripada kamera belakang 13 megapiksel.

Strategi yang sama kemudian dipakai pula oleh Vivo saat merilis seri V5 beberapa saat lalu. Penerus V3 itu dibekali sensor kamera depan yang lebih besar, yakni 20 megapiksel. Kamera belakangnya sendiri cuma 13 megapiksel.

Baca: Resmi di Indonesia, Vivo V5 Dijual Rp 3,5 Juta

Menanggapi hal ini, Oppo justru merasa bangga karena bisa menginspirasi vendor lain. Hal tersebut diungkapkan Media Engagement Oppo Indonesia, Aryo Meidianto.

"Oppo baru ada tahun 2008 dan kami punya pencapaian-pencapaian yang bagus sehingga jadi inspirasi untuk vendor lain. Itu sesuatu yang baik bagi kami," kata dia usai acara peluncuran Oppo F1s Raisa Phone di Ballroom Hotel Sheraton Grand, Gandaria City Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Baca: Membandingkan Hasil Selfie Oppo F1s dan Vivo V5

Menurut Aryo, strategi mengedepankan kamera selfie dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat modern. Kamera selfie yang baik, kata dia, tak melulu merujuk pada besaran megapiksel.

"Saat kami mengeluarkan Oppo F1s 16 megapiksel, kami menggabungkan kualitas hardware dan software. Jadi kami fokus ke pengalaman konsumen, yang penting kualitasnya (bukan besaran megapiksel semata)," ia menuturkan.

Sejauh ini, Aryo mengklaim penjualan Oppo F1s paling memuaskan dibanding seri-seri lainnya. Saat ini, 50 persen dari seluruh penjualan produk Oppo berasal dari F1s.

Namun, Aryo enggan menyebut angka pasti penjualannya. Yang jelas, pada hari pertama penjualan di awal Agustus lalu, Oppo sempat mengumbar data penjualan F1s yang mencapai 1.818 unit. Tiap menitnya, ada satu unit yang terjual kala itu.  

Hari ini, menyambut tutup tahun 2016, Oppo merilis varian baru dari seri F1s yang diberi embel-embel "Your Raisa Phone". Spesifikasinya masih sama dengan yang orisinal, hanya saja desainnya berbeda.

F1s edisi Raisa berbalut hitam legam dan memiliki ukiran tanda tangan sang penyanyi cantik. Tersedia terbatas, ponsel itu cuma diproduksi 6.000 unit dan dibanderol Rp 3,5 juta.
Pemesanannya berlangsung sejak hari ini hingga 14 Desember mendatang. Penjualan perdananya dijadwalkan pada 17 Desember.

Baca: 4 Hal Spesial dari Oppo F1s Edisi Raisa

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X