Kompas.com - 13/12/2016, 18:42 WIB
Mi Electric Scooter. XiaomiMi Electric Scooter.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Xiaomi beberapa kali dikabarkan hendak terjun ke industri mobil tanpa awak alias self-driving car. Pabrikan China itu bahkan sudah memasukkan sembilan paten self-driving car ke lembaga paten nasional di Negeri Tirai Bambu.

Namun belakangan tak terdengar kabar soal mobil pintar buatan Xiaomi. Alih-alih ikut tren, Xiaomi justru terlihat gencar meluncurkan skuter elektrik.

Dimulai dari Ninebot mini pada Oktober 2015, lalu disusul Qicycle Folding Bike pada Juni 2016, kini Xiaomi resmi memperkenalkan Mi Electric Scooter.

Skuter elektrik teranyar itu dirilis dalam sebuah acara pengumpulan dana MIJIA di China, sebagaimana dilaporkan NDTV dan dihimpun KompasTekno, Selasa (13/12/2016). Lantas, apa istimewanya?

Yang utama, Mi Electric Scooter bisa dilipat hanya dengan menekan satu tombol. Proses pelipatannya pun cuma butuh waktu sekitar tiga detik.

Mekanisme kerjanya menggunakan Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang mampu mengonversi energi kinetik menjadi energi elektrik, sehingga lebih hemat baterai.

Informasi penjajalan skuter pun bisa diketahui via aplikasi pada smartphone melalui koneksi Bluetooth. Misalnya untuk merekam kecepatan skuter, melihat indikator baterai, serta menganalisa kesehatan baterai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih detail, kemampuan skuter pintar ini antara lain menyematkan kapasitas baterai 280 Wh dan bisa mencapai kecepatan maksimum hingga 25 km/jam.

Mi Electric Scooter memiliki bobot 12,5 kilogram dan bisa dilipat sehingga fleksibel dibawa ke mana-mana. Bodinya berbahan alluminium alloy yang kokoh.

Untuk sementara, skuter pintar terbaru dari Xiaomi cuma dipasarkan di China per 15 Desember mendatang. Harga yang dibanderol yakni 1.999 yuan atau setara Rp 3,8 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber NDTV

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.