Kompas.com - 18/01/2017, 18:43 WIB
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Periset pasar App Annie mengemukakan analisis mereka terhadap Pokemon GO yang ditaksir meraih 950 juta dollar AS (sekitar Rp 12,667 triliun) sepanjang 2016 setelah dirilis pada 5 Juli. Demikian dilansir Antara.

Pokemon GO menjadi game paling banyak diunduh di iOS dan Google Play meskipun dilarang di China dan dirilis belakangan di India.

Menurut App Annie, kesuksesan game tersebut terletak pada “kekayaan intelektual, mekanik sederhana, augmented reality dunia nyata dan menggunakan kehidupan sosial”.

Aplikasi tersebut juga menarik jutaan orang non-gamer sekaligus mendorong orang menghabiskan lebih banyak waktu mereka dengan ponsel dalam situasi yang tidak biasa, mislanya saat berjalan-jalan di taman.

Niantic mengakumulasi total jarak yang ditempun lebih dari 4,5 miliar mil atau 8,7 miliar kilometer.

Keberhasilan terbesar Pokemon GO menurut periset adalah mengumupulkan 800 juta dolar belanja konsumen dalam 110 hari, jauh lebih cepat dari game mana pun.

Sebagai perbandingan, Candy Crush Saga mencapai rekor lebih dari 250 hari, Puzzle & Dragon serta Clash of Clans masing-masing sekitar 400-500 ha

Baca: Ancam Keamanan Nasional, Pokemon Go Terlarang di China

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ANTARA


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.