Indosat Berminat Ikut Lelang Frekuensi 2.100 MHz dan 2.300 MHz

Kompas.com - 02/02/2017, 17:13 WIB
Menara base transceiver station (BTS) ShutterstockMenara base transceiver station (BTS)
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Indosat menyatakan berminat untuk mengikuti lelang spektrum frekuensi yang akan diselenggarakan pemerintah. Saat ini, ada beberapa spektrum yang bisa diperebutkan operator Indonesia di dua frekuensi, yakni 2.100 MHz dan 2.300 MHz.

Menurut President Director & Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Alexander Rusli, perusahaan tersebut langsung mengincar tambahan kanal di frekuensi tersebut. Tentunya, jika peraturan mengizinkan.

"Yang diincar, bisa dua-duanya (frekuensi 2.100 MHz dan 2.300 MHz)," kata Alexander kepada KompasTekno selepas acara peluncuran layanan Data Rollover di Jakarta, Kamis (2/2/2017).

Peningkatan kanal memang sangat diincar oleh operator seluler manapun. Pasalnya, penambahan tersebut bisa membuat layanan internet dari sebuah operator semakin kencang. Kapasitas pengguna pun bisa diperbesar.

Indosat pun lebih memilih untuk menambah frekuensi ketimbang site BTS. Meski sama-sama bisa meningkatkan kapasitas, pembelian frekuensi dianggap lebih murah.

Baca: Telkomsel Minta Tambahan Frekuensi, Ini Jawaban Pemerintah

"Beda investasinya besar sekali," tutur pria yang kerap disapa Alex ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut, Alex berharap pemerintah membuka proses lelang tersebut secara bersama. Ketentuan siapa yang boleh mengikuti lelang itu pun diharapkan bisa diumumkan secepatnya.

Indosat sendiri saat ini mengaku belum mengetahui kapan proses lelang akan dimulai oleh pemerintah.

"Katanya akhir tahun lalu (2016) mau dilelang. Tapi tidak jadi, diundur. Kita tunggu-tunggu saja sambil deg-degan," kata Alex.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.