Bakal Ada Ponsel BlackBerry "Made in India"

Kompas.com - 07/02/2017, 08:05 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Setelah Apple, kini giliran BlackBerry yang menyatakan bakal membangun pabrik di India. Ini artinya, bakal ada perangkat BlackBerry berlabel "Made in India" di masa mendatang.

Bekerja sama dengan perusahaan India bernama Optiemus Infracom, pabrik itu bakal memproduksi smartphone berbasis Android untuk dipasarkan di Sri Lanka, Nepal, Bangladesh, dan tentunya di India sendiri.

"Dengan perjanjian regional terbaru ini, BlackBerry kini telah mencakup lisensi global secara kesluruhan di seluruh pasar untuk memproduksi perangkat bermerek BlackBerry," tutur BlackBerry, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Radar, Selasa (7/2/2017).

Sama seperti BB Merah Putih di Indonesia, Optiemus Infracom bakal memegang lisensi handset BlackBerry. Nantinya, perusahaan ini akan mendesain, memproduksi, menjual, promosi, dan memberikan dukungan konsumen di India.

Bedanya, produk-produk tersebut akan dipasarkan di negara-negara yang sudah disebutkan di atas. Sementara itu, BB Merah Putih memasarkan produk BlackBerry di Indonesia.

Nama Optiemus Infracom sendiri sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi BlackBerry. Sebelumnya, keduanya memasarkan smartphone Android bikinan BlackBerry, DTEK50 dan DTEK60, di India.

Sama seperti Indonesia, pemerintah India juga punya syarat kandungan lokal yang harus dipenuhi vendor. Tiap vendor smartphone yang ingin berjualan ponsel 4G di negara tersebut, harus memenuhi persyaratan tersebut.

Baca: Inikah Smartphone BlackBerry Perdana BB Merah Putih?

Di Indonesia, kebijakan serupa tertuang pada aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang disahkan pemerintah pada September lalu untuk diberlakukan mulai Januari 2017.

India memang pasar yang menjanjikan bagi setiap vendor smartphone. Dengan lebih dari satu miliar penduduk, baru 300 juta di antaranya yang memiliki smartphone.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.