Mengenal Teknologi "Fast Charge" dan "Sensor Kamera Pintar" dari Oppo

Kompas.com - 23/02/2017, 17:01 WIB
Super VOOC diklaim sebagai teknologi fast charging terkencang di dunia dengan kecepatan pengisian baterai hanya 15 menit. OppoSuper VOOC diklaim sebagai teknologi fast charging terkencang di dunia dengan kecepatan pengisian baterai hanya 15 menit.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Teknologi pengisian baterai cepat alias fast charging adalah salah satu fitur yang mulai banyak diterapkan di smartphone bikinan berbagai pabrikan, tak terkecuali pula Oppo.

Perusahaan asal China ini memiliki teknologi fast charging bernama Voltage Open Loop Multi-step Constant-Current Charging (VOOC). Pada Mobile World Congress 2016 di Barcelona, Spanyol, Februari tahun lalu, fitur tersebut diperbarui menjadi Super VOOC.

Dibanding teknologi VOOC terdahulu yang mampu mengisi 75 persen kapasitas baterai perangkat dalam 30 menit, kerja Super VOOC lebih cepat dalam hal charging.

Super VOOC sanggup mengisi baterai berkapasitas 2.500 mAh dari keadaan kosong hingga 100 persen penuh, hanya dalam waktu 15 menit sehingga diklaim sebagai sebagai teknologi fast charging tercepat di dunia.

Apa rahasianya? Berbeda dari teknologi fast charging besutan pihak lain yang umumnya menerapkan pengisian baterai dengan voltase tinggi, Super VOOC justru mengandalkan voltase rendah di kisaran 5V yang aman dan sesuai dengan standar untuk charging smartphone.

Penggunaan voltase rendah itu dipadukan dengan algoritma pulse-charge yang secara dinamis mengatur arus untuk mengisi baterai perangkat dalam waktu singkat.

Menurut keterangan dari pihak Oppo, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Kamis (23/2/2017), dibandingkan voltase tinggi, penggunaan voltase rendah pada Super VOOC memiliki keuntungan berupa suhu perangkat yang lebih dingin.

Teknologi fast charging dengan voltase tinggi memerlukan konverter untuk menurunkan voltase sebelum daya dipasok ke baterai. Proses ini melepaskan banyak energi dalam bentuk panas sehingga tidak efisien.

Keuntungan lain dari Super VOOC yang adem, ponsel bisa tetap nyaman dipakai selagi mengisi baterai, baik untuk menonton video, browsing, ataupun bermain game tanpa membuat tangan pengguna kepanasan.

Dengan teknologi fast charging lain, ponsel akan beralih ke mode pengisian biasa (bukan fast charging) apabila dipakai saat sedang terhubung ke charger. Ini diperlukan untuk mencegah panas supaya tidak terlalu tinggi.

Halaman:


Sumber Oppo
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X