"Motherboard" untuk AMD Ryzen Mulai Tersedia 2 Maret 2017

Kompas.com - 27/02/2017, 12:31 WIB
Ilustrasi Ryzen Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comIlustrasi Ryzen
|
EditorReza Wahyudi

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Perusahaan produsen mikroprosesor Advanced Micro Device ( AMD) sudah resmi mengumumkan prosesor Ryzen terbarunya. Prosesor ini menggunakan soket baru bernama AM4 dan artinya membutuhkan motherboard yang mendukungnya.

Motherboard dengan soket AM3, yang sebelumnya digunakan oleh prosesor AMD seri FX, sama sekali tidak bisa dipakai untuk memasang prosesor Ryzen.

Namun pengguna tak perlu khawatir soal ketersediaan motherboard tersebut. Pasalnya, sebagaimana dijanjikan oleh CEO and President AMD, Lisa Su, motherboard yang cocok menjadi pasangan prosesor tersebut akan dirilis bersamaan dengan penjualan perdana Ryzen 7 di seluruh dunia.

“Jangan khawatir dengan ekosistem. Para vendor rekan kami sudah bersiap-siap dengan peluncuran ini. Total akan ada sekitar 80 jenis motherboard yang mulai tersedia bersamaan dengan tanggal penjualan Ryzen 2 Maret mendatang,” ujar Lisa dalam Ryzen Tech Days, di San Francisco, Selasa (21/2/2017).

Dia juga menjelaskan bahwa akan ada lima tipe motherboard AM4 yang bakal tersedia untuk pengguna dengan berbagai perbedaannya.

Lima tipe tersebut adalah X370 untuk pengguna entusias, B350 untuk pengguna mainstream, A320 untuk segmen esensial, X300 untuk pengguna entusias small form factor, dan A300 untuk segmen esensial small form factor.

Masing-masing tipe memiliki fitur berbeda. Misalnya saja X370 memiliki dukungan dual VGA Crossfire atau SLI dan overclocking, sedangkan X300 tidak mendukung dual VGA tapi tetap mendukung overclocking.

Di sela acara tersebut, KompasTekno juga menemukan sejumlah contoh motherboard produksi Asus, Gigabyte, MSI dan Asrock yang mendukung soket AM4 itu. Beberapa di antaranya adalah Gigabyte GA AX370 Gaming 5, Asus ROG Crosshair VI Hero (berbasis X370), ASRock X370 Gaming K4, serta MSI X370 XPower Gaming Titanium.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Deretan motherboard ASUS yang mendukung soket AM4 untuk prosesor AMD Ryzen

Sebelumnya, AMD resmi mengumumkan Ryzen proseor terbarunya yang menggunakan arsitektur Zen. Prosesor ini dijanjikan bakal membuat pengguna merasakan peningkatan kinerja yang signifikan dibanding prosesor AMD sebelumnya.

Lisa mengatakan, kinerja Ryzen bahkan melebihi harapan perusahaan. Target awalnya, arsitektur Zen diharap memberikan peningkatan kinerja atau instruction per clock (IPC) hingga 40 persen. Sedangkan hasil akhirnya, arstitektur yang disematkan ke dalam prosesor Ryzen itu malah memberikan peningkatan kinerja 52 persen.

Seri pertama yang diperkenalkan di ajang tersebut adalah Ryzen 7. Ada tiga tipe prosesor yang masuk dalam seri ini, yakni 1800x, 1700x dan 1700.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X