Kompas.com - 01/03/2017, 11:11 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Xiaomi akhirnya secara resmi mengumumkan prosesor buatannya sendiri yang diberi nama Surge S1. Prosesor perdana ini akan dipakai sebagai otak pemrosesan di smartphone terbaru mereka, Mi 5c.

Prosesor Surge S1 tersebut dibuat menggunakan arsitektur big.LITTLE milik ARM dan empat CPU Cortex A53 yang masing-masing bisa bekerja dalam kecepatan 1,4 GHz.

Dengan desain tersebut, prosesor buatan Xiaomi ini total memiliki delapan otak pemrosesan ditambah unit pemrosesan grafis Mali T-860 MP4.

Unit pemrosesan grafis tersebut diklaim lebih hemat energi hingga 40 persen jika dibandingkan dengan unit Mali generasi sebelumnya. Selain itu, prosesor ini juga dibekali dengan unit digital signal processing (DSP) yang mendukung VoLTE.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (1/3/2017), Xiaomi juga mengungkap bahwa prosesor ini akan disematkan pada smartphone Mi 5c. Ini merupakan smartphone mutakhir mereka yang mengusung layar 5,15 inci (1600x2560 piksel) dan dibanderol terjangkau.

Selain soal layar dan prosesor, saat ini diketahui bahwa Xiaomi Mi 5c itu bakal memiliki RAM 3 GB, memori penyimpanan internal 64 GB, kamera utama 12 megapiksel, kemampuan pengisian daya super cepat, serta ketebalan 7,09 milimeter.

Rencananya, Xiaomi akan mulai menjual Mi 5c pada 3 Maret 2017 di China. Harganya dibanderol 218 dollar AS atau sekitar Rp 2,9 juta. Belum diketahui apakah Xiaomi akan merilis ponsel ini di Indonesia atau negara lain.

Baca: Perjuangan dan Optimisme Xiaomi Comeback ke Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.