iPhone Lebih Stabil dari Android, Benarkah?

Kompas.com - 02/03/2017, 15:12 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com — Benarkah iPhone (iOS) lebih stabil dibandingkan smartphone Android? Ternyata tak selalu demikian. Setidaknya, begitulah sebagian kesimpulan yang diambil oleh Blanco Technologies Group dalam laporan terbarunya.

Firma mobile diagnostics itu menganalisis ponsel-ponsel yang dilaporkan mengalami kerusakan oleh pemiliknya di wilayah Amerika, Asia, dan Eropa sepanjang kuartal keempat 2016.

Sepanjang periode tersebut, ditemukan bahwa aplikasi di iOS ternyata dua kali lebih sering mengalami crash (57 persen) dibandingkan di platform Android (22 persen).

Blanco menyebutkan, ada sejumlah aplikasi yang tercatat paling sering mengalami crash, di kedua sistem operasi itu, di antaranya Facebook, Snapchat, dan Instagram.

Menurut Blanco, aplikasi crash adalah masalah yang paling sering dikeluhkan oleh pengguna iPhone pada kuartal keempat 2016. Setelah itu, menyusul masalah overhearting (kepanasan) dan headphone yang tak berfungsi.

Sebagian masalah di atas disinyalir berasal dari update sistem operasi iOS dari Apple, misalnya iOS 10.2 pada Desember 2016, yang sering kali mengandung bug.

Adapun pengguna Android lebih sering bermasalah dengan bug di kamera serta masalah terkait USB dan pengisian baterai, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Inquirer, Kamis (2/3/2017).

Laporan Blanco selengkapnya bisa diunduh di tautan berikut.

Baca: Memori Android Kepenuhan? Ini 4 Solusinya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.