September, Apple Mulai Rekrut Karyawan untuk Pusat Riset di BSD Tangerang

Kompas.com - 30/03/2017, 16:46 WIB
Logo Apple di Bill Graham Ciciv Auditorium, San Francisco, AS. The VergeLogo Apple di Bill Graham Ciciv Auditorium, San Francisco, AS.
Penulis Ihsanuddin
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - Apple sepakat membangun pusat riset di Green Office Park, BSD City, Tangerang, Banten. Di pusat riset ini, Apple nantinya akan mempekerjakan 400 tenaga lokal.

Hal ini disampaikan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto usai bertemu perwakilan Apple di kantornya, Kamis (30/3/2017).

"Mudah-mudahan September (2017) sudah mulai rekruitment 400 orang untuk direkrut di Apple," kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis sore.

Pembangunan pusat riset ini merupakan bentuk komitmen Apple untuk memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang ditetapkan pemerintah. Aturan tersebut dibuat untuk para vendor yang hendak memasarkan produk smartphone 4G di Indonesia.

Vendor harus memenuhi TKDN sebesar 30 persen per awal 2017 ini. Jika tidak, izin pemasaran produk tak dikeluarkan. Cara pemenuhan TKDN bisa melalui beberapa cara, salah satunya komitmen investasi yang akhirnya dipilih Apple.

"Total (nilai investasinya) 44 juta dollar AS," ucap Airlangga.

Airlangga mengatakan, pusat riset yang dibangun Apple nantinya akan fokus mengembangkan berbagai aplikasi. Setelah pusat riset di BSD ini selesai, Apple akan membangun dua pusat riset lagi sesuai yang sudah disepakati.

Namun belum diketahui dimana dua pusat riset lainnya akan dibangun. Berkat komitmen ini, Apple akhirnya bisa memasarkan kembali lini iPhone setelah hampir dua tahun vakum.

Lini iPhone 7 dan 7 Plus sudah bisa dipesan sejak beberapa waktu lalu melalui situs belanja online Blibli, iBox, dan operator Smartfren.

Baca: iPhone 7 Sudah Bisa Dipesan, Ini yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X