Mengenal Teknologi Bixby dan Pengenal Wajah di Galaxy S8

Kompas.com - 03/04/2017, 10:50 WIB
- --
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

 KOMPAS.com - Duo smartphone flagship terbaru dari Samsung, Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus, telah resmi meluncur lewat sebuah acara yang digelar di New York, Amerika Serikat, pekan lalu.

Di antara fitur-fitur anyar yang dihadirkan di keduanya, kemampuan face recognition dan asisten digital Bixby banyak mendapat sorotan.

Seperti apa cara kerja teknologi anyar yang menjanjikan pengalaman baru bagi para pengguna Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus ini? Ikuti penjelasan singkat berikut.

Bixby

Seperti Siri, Alexa, dan Cortana, Bixby adalah teknologi asisten digital berbasis kecerdasan buatan (AI) yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan berbagai hal di Galaxy S8. Contohnya mulai dari mengendalikan perangkat lewat suara hingga mengatur jadwal dan mengenali obyek dalam foto.

Bixby terbagi menjadi tiga elemen. Pertama adalah Bixby Voice yang memungkinkan pengguna menjalankan aneka perintah dan action lewat suara di berbagai aplikasi seperti galeri, reminder, contacts, dan kamera.

Pengguna bisa memerintahkan Bixby untuk memainkan video, memutar foto, juga mengirim e-mail. Bixby mampu mengenali konteks dalam jendela aplikasi yang terbuka sehingga diklaim bisa memahami perintah dengan lebih baik dibanding teknologi lain sejenisnya.

Kedua, Bixby Home yang diluncurkan lewat tombol khusus di sisi kiri Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus. Bentuknya berupa deretan kartu  (cards) mirip Google Now yang menunjukkan aneka informasi seperti cuaca, jadwal, dan lain-lain.

Bixby Home belajar dari kebiasaan pengguna. Misalnya apabila sering memakai layanan transportasi online, maka kartu soal itu akan ditampilkan di urutan-urutan teratas.

Ketiga adalah Bixby Vision, teknologi augmented reality yang dijalankan lewat tombol khusus di aplikasi kamera Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X