Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giliran Pinterest yang Dicontek Instagram

Kompas.com - 20/04/2017, 11:35 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Setelah Snapchat, kini giliran Pinterest yang fiturnya dicontek oleh Instagram. Fitur yang dimaksud bernama Collection, yakni sebuah bundel berisi sejumlah foto dengan tema tertentu.

Sebelumnya, Instagram telah merilis fitur bernama Bookmark yang berguna untuk menyimpan berbagai foto milik orang lain. Foto tersebut disimpan dalam laman pribadi dan hanya bisa dilihat oleh pengguna yang menyimpannya.

Sekarang, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (20/4/2017), Instagram memperluas fitur Bookmark dengan tambahan Collection yang telah disebut di atas.

Cara memakainya, pengguna cukup menyentuh ikon Bookmark yang ada di bawah foto dan menahannya selama beberapa waktu. Selanjutnya foto tersebut akan disimpan ke dalam kolom Collection. (Baca: Ada Stiker Geolocation Kota Jakarta di Instagram Stories)

Pengguna bisa membuat dan menamai Collection berisi sekumpulan foto yang baru dibuatnya atau cukup menggunakan yang sudah dibuatnya.

Kolom Collection ini terletak di dalam kolom saved post, yang juga merupakan wadah untuk setiap foto yang di-Bookmark. Foto-foto yang sudah lama disimpan dalam kolom itu juga bisa dibundel ke dalam folder Collection tersendiri.

Meski merupakan fitur contekan, cara kerja Collection di Pinterest dan Instagram sendiri memiliki perbedaan. Pinterest menampilkan segala koleksi foto ditampilkan kepada publik, sedangkan Instagram membuatnya menjadi koleksi pribadi yang hanya bisa dilihat pemilik.

Fitur Collection ini sudah tersedia untuk Instagram iOS dan Android versi 10.16. Fitur tersebut juga sudah bisa diakses di Indonesia. (Baca: Snapchat Merasa Terancam oleh Instagram)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com