Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/04/2017, 11:35 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Setelah Snapchat, kini giliran Pinterest yang fiturnya dicontek oleh Instagram. Fitur yang dimaksud bernama Collection, yakni sebuah bundel berisi sejumlah foto dengan tema tertentu.

Sebelumnya, Instagram telah merilis fitur bernama Bookmark yang berguna untuk menyimpan berbagai foto milik orang lain. Foto tersebut disimpan dalam laman pribadi dan hanya bisa dilihat oleh pengguna yang menyimpannya.

Sekarang, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (20/4/2017), Instagram memperluas fitur Bookmark dengan tambahan Collection yang telah disebut di atas.

Cara memakainya, pengguna cukup menyentuh ikon Bookmark yang ada di bawah foto dan menahannya selama beberapa waktu. Selanjutnya foto tersebut akan disimpan ke dalam kolom Collection. (Baca: Ada Stiker Geolocation Kota Jakarta di Instagram Stories)

Pengguna bisa membuat dan menamai Collection berisi sekumpulan foto yang baru dibuatnya atau cukup menggunakan yang sudah dibuatnya.

Kolom Collection ini terletak di dalam kolom saved post, yang juga merupakan wadah untuk setiap foto yang di-Bookmark. Foto-foto yang sudah lama disimpan dalam kolom itu juga bisa dibundel ke dalam folder Collection tersendiri.

Meski merupakan fitur contekan, cara kerja Collection di Pinterest dan Instagram sendiri memiliki perbedaan. Pinterest menampilkan segala koleksi foto ditampilkan kepada publik, sedangkan Instagram membuatnya menjadi koleksi pribadi yang hanya bisa dilihat pemilik.

Fitur Collection ini sudah tersedia untuk Instagram iOS dan Android versi 10.16. Fitur tersebut juga sudah bisa diakses di Indonesia. (Baca: Snapchat Merasa Terancam oleh Instagram)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.